Agam

DPMN Agam Gelar Bimtek Partisipatory Planning

Matur, kaba12.com — Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari ( DPMN ) Agam gelar bimbingan tekhnis Partisipatory Planning dan Penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Teknis bagi perangkat nagari tahun 2019 di hotel Nuansa Maninjau, Ambun Pagi, Matur.

Bimtek PP-PRABT bagi perangkat nagari tahun 2019 di kabupaten Agam itu dibuka bupati Agam diwakili Rahman,Sip, Asisten I Bidang Hukum – Politik dan Pemerintah Sekab Agam, Rabu,(24/7) itu, akan digelar dalam dua angkatan masing-masing angkatan I digelar tanggal 24-26 Juli 2019 dan Angkatan II tanggal 29-31 Juli.

Dalam laporannya kepala DPMN Agam Teddy Martha menyebutkan, Bimtek Partisipatory Planning dan Penyusunan RAB Tekhnis bagi perangkat nagari tahun 2019 tersebut, merupakan kegiatan untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan aparatur nagari dalam mengelola semua kegiatan nagari mulai perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pemanfaatan untuk dapat lebih berdayaguna dan berhasil guna.

Dijelaskan, aparatur nagari dan kader pemberdayaan masyarakat diharapkan memahami mekanisme, pengendalian tahapan pembangunan serta terampil dalam membuat RAB dan desain teknis, sehingga memberi hasil maksimal terhadap seluruh beban tugas yang diemban dalam melaksanakan kegiatan pembangunan maupun dalam melayani masyarakat.

Sementara menurut Bupati Agam seperti disampaikan Rahman,S,Ip, meyakinkan bahwa awal keberhasilan suatu kegiatan berada pada perencanaan yang baik dan matang, baik perencanaan partisipatif yang melibatkan semua unsur masyarakat maupun perencanaan penyusunan RAB dan desain teknis.

Ditambahkan, untuk merealisasikan hal itu, perlu kesepahaman dalam pelaksanaan kegiatan nagari, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pemanfaatan, sehingga program pembangunan nagari akan dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

“Jika partisipasi dan kebersamaan terlaksana dengan baik, akan memberi dampak yang positif bagi berbagai kegiatan yang sudah direncanakan, terutama dalam upaya menggali dan manfaatkan semua potensi yang ada di nagari,” harap Rahman.

Bimtek yang digelar DPMN Agam diikuti 1 orang peserta dari seluruh nagari yang ada di kabupaten Agam dengan menghadirkan narasumber dari TA P3MD Agam, Dinas Perkim Agam, Pendamping Desa dan tim DPMN Agam.

(Jaswit)

To Top