Kaba Bukittinggi

DLH Bukittinggi Bantu Warga Gotong Royong

Bukittinggi, KABA12 — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkot Bukittinggi, ikut aktif membantu warga dalam menjaga kebersihan lingkunga. Salah satunya, DLH berpartisipasi dalam goro bersama warga, di Banto Darano, Minggu (03/12).

“Walaupun hari libur, DLH siap membantu warga yang aktif menggelar aktivitas kebersihan lingkungan seperti di daerah Bantodarano Kelurahan Campago Guguk Bulek dalam rangka pembersihan lahan sekitar rumah ibadah,” ungkap Kepala DLH Bukittinggi, Aldiasnur.

Ia mengatakan,satu unit truk kecil atau dump truck bersama lima personel DLH ditugaskan langsung ke lapangan ketika warga meminta bantuan pengadaan transportasi untuk pembuangan limbah berupa tanaman liar yang dibersihkan warga secara gotong royong.

“Nantinya jika mencukupi akan dibuang langsung ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Payakumbuh atau di DLH dalam sistem transfer depo untuk penimbunan lahan,” ujarnya.

Aldiasnur menyebut, selain mobil operasional rutin yang secara rutin menjemput sampah warga, juga disediakan beberapa unit dump truck yang digunakan dalam kondisi kelebihan volume sampah dan keperluan kebersihan warga.

“Ada empat dump truck yang disiagakan, kami optimis Bukittinggi sebagai kota bersih dapat dipertahankan melalui Adipura jika warga dan petugas bisa terus bekerjasama dalam upaya kebersihan,” tambahnya.

Warga mengapresiasi bantuan dan partisipasi DLh Bukittinggi dalam goro yang dilaksanakan. Pengadaan dump truck dan tambahan personil, sangat membantu proses pembuangan sampah dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan.

“Beruntung ada DLH Bukittinggi yang memiliki fasilitas lengkap untuk solusi sampah lingkungan ini, program kota sehat Bukittinggi dari Wali Kota Erman Safar memang dibuktikan dengan pengadaan program maupun tenaga kerja mumpuni,” ungkap salah seorang warga.

(Harmen)

To Top