Hukum dan Kriminal

Ditinggal Seminggu, Rumah Disatroni Maling

Bukittinggi, KABA12.com — Rumah yang ditinggal seminggu menjadi sasaran maling, seperti yang dialami John Martin (46) di Perumahan Muslim Garegeh Bukittinggi.

Kejadian yang baru diketahui  Sabtu (22/04) sekitar pukul 11.00 WIB tersebut, maling berhasil menggondol uang dan barang berharga.

Pantauan KABA12.com, terlihat satu buah jendela samping rumah permanen itu sudah terbuka yang diduga kuat sebagai tempat masuk pelaku ke dalam rumah itu.

Pelaku dengan leluasa mengacak-acak ruangan, beberapa barang berharga dan uang yang ada di dalam rumah sudah raib digondol.

Sesuai keterangan  korban yang tinggal di jalan Perintis Kemerdekaan Bukittinggi,  rumahnya memang kosong dan sudah terkunci. Dia tidak pernah merasa was-was sedikitpun, sebab rumah berada di lokasi yang padat dengan rumah lainnya.

Sabtu siang dia bermaksud membersihkan rumah seperti biasanya, namun ketika akan masuk rumah, dilihat salah satu jendela sudah terbuka dan ada bekas congkelan.

Curiga melihat itu, korban langsung masuk rumah, ternyata dalam rumah memang sudah berantakan.

Mengetahui banyak barang yang hilang, korban langsung melaporkan kejadian itu ke Polsek Bukittinggi. Dengan laporan itu, jajaran Polsek langsung datang ke lokasi melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dengan memeriksa seluruh rumah.

Selesai polisi melakukan olah TKP, John langsung memeriksa barangnya yang hilang. Ternyata beberapa berharga, seperti  satu set home theater merk polytron, satu unit handycam merek sony, receiver merek skybox, HP Axio, satu tablet advan dan uang tunai Rp 350 ribu.

Kapolsek Bukittinggi, Kompol Zahari Almi dengan adanya kasus ini menjelaskan,  pihaknya masih menyelidiki kasus itu dengan meminta keterangan korban serta beberapa saksi.

“Dia menduga kalau pelaku sudah sangat memahami lokasi dan mengintai rumah yang sudah lama ditinggal pemiliknya. Mengenai waktu pelaku menjalankan aksinya tidak diketahui secara pasti,” terang Kapolsek.

(Ikhwan)

To Top