Kaba Terkini

Diserang Buaya, BKSDA Periksa Sungai Batang Anggang Agam

Bawan, KABA12.com — Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) menurunkan tim ke lokasi warga diserang buaya muara di Sungai Batang Anggang, Jorong Pasar Bawan, Nagari Bawan, Kecamatan Ampeknagari, Rabu.

Hal itu diungkapkan Kepala Seksi Wilayah Satu BKSDA Sumatera Barat, Khairi Ramadhan, Rabu (21/8), tim dengan jumlah lima orang itu berasal dari BKSDA Resor Agam dan dipimpin langsung oleh Kepala BKSDA Resor Agam.
Tim ke lokasi untuk memastikan apakah sungai itu merupakan habitat buaya muara dan melihat jarak lokasi serangan itu dengan habitat buaya.

Apabila lokasi serangan tidak merupakan habitat buaya, maka buaya itu akan dievakuasi dan dipindahkan ke daerah konservasi. Namun apabila lokasi itu habitat buaya, masyarakat diminta untuk saling berbagi dengan satwa dilindungi itu.

“Masyarakat dilarang melakukan aktivitas di lokasi agar buaya tidak terganggu,” katanya.

Pihaknya mengimbau warga yang tinggal di sepanjang sungai merupakan habitat buaya dan hutan lindung agar tidak melakukan aktivitas di daerah itu.

“Kita telah melakukan kerja sama dengan perusahaan kelapa sawit untuk memasang papan imbauan tidak melakukan aktivitas di sungai yang merupakan habitat buaya,” katanya.

(Virgo/*)

To Top