Kaba Terkini

Dinsos Agam Salurkan Bantuan Ekonomi Produktif Tahun 2019 Rp.2,54 M

Lubukbasung, kaba12.com — Untuk tahun 2019, Pemkab Agam melalui Dinas Sosial Kabupaten Agam kelola dana bantuan ekonomi produktif untuk masyarakat kurang mampu mencapai Rp2,54 miliar lebih.

Alokasi anggaran tersebut, diperoleh dari berbagai sumber baik kucuran dana KUBE Rp1 miliar untuk 50 kelompok, alokasi dana APBD Agam dan alokasi dana ekonomi produktif langsung untuk kelompok dari Dinsos Sumbar.

Seperti halnya penyerahan dana KUBE oleh Dinas Sosial Sumatera Barat melalui Dinas Sosial Kabupaten Agam salurkan dana Rp.1 miliar untuk program bantuan kepada 50 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) tahun 2019 di Kabupaten Agam.

Penyaluran bantuan tersebut sudah mulai dilakukan pasca penyerahan dari Dinsos Sumbar pada Pemkab Agam yang langsung diserahkan pada 50 KUBE penerima melalui rekening kelompok.

Plt.kepala Dinas Sosial Agam Rahman,S,Ip,MM, penyerahan secara resmi sudah dilakukan yang ditindaklanjuti dengan tahapan penyaluran pada KUBE melalui rekening, dimana masing-masing kelompok menerima Rp.20 juta.

Dijelaskan Rahman, selain dana untuk KUBE, tahun 2019 ini, Kabupaten Agam juga mendapatkan dukungan dana dari Kementerian Sosial RI melalui dana APBD sebesar Rp1,2 miliar untuk 60 KUBE dengan total anggota 600 kepala keluarga.

Tidak hanya itu, melalui dana APBD Sumbar, Dinas Sosial Sumbar, juga mengalokasikan dana untuk Kecamatan Palupuh sebanyak 10 KUBE dengan total dana Rp 200 juta dan kecamatan Tanjung Mutiara untuk 7 KUBE dengan dana Rp 140 juta, masing- masing kelompok mendapat Rp 20 juta.

Untuk pengelolaan dana tersebut, ulas Rahman, Dinas Sosial Kabupaten Agam bersama TKSK akan melakukan pendampingan agar program ini berjalan lancar dan tepat sasaran.

Kepada penerima bantuan, Rahman berharap, bantuan dana yang diberikan bisa dikembangkan dan bermanfaat optimal untuk jangka panjang.

Dijelaskan, khusus 50 KUBE yang mendapatkan bantuan tersebar di 5 kecamatan dengan alokasi dan per kecamatam Rp200 juta, per kelompok mendapatkan bantuan Rp.20 juta, masing -masing Kecamatan Baso, Canduang, IV Koto, Kamang Magek dan Tanjung Raya.

HARMEN

To Top