Kaba Terkini

Dedi Fatria Salurkan Pokir Untuk Pendirian Unit Usaha Bagi Tuna Netra

Bukittinggi, KABA12.com — Dedi Fatria salah seorang  anggota DPRD  Kota Bukittinggi dari Partai PPP yang juga penggiat penyandang disabilitas di Kota Bukittinggi, kembali mengucurkan dana untuk sahabat disabilitas melalui Dinas Sosisal Kota Bukittinggi.

Pada tahun 2021 ini, Dedi Fatria menyalurkan pokirnya kepada organisasi Persatuan Tuna Netra Indonesia (PERTUNI) Kota Bukittinggi.

Dedi Fatria yang pernah menerima penghargaan dari Gubernur Sumatera Barat pada tahun 2018 sebagai tokoh masyarakat peduli dengan penyandang disabilitas ini, melakukan berbagai upaya baik melalui kementrian maupun melalui pemerintah Kota Bukittinggi sebagai upaya penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas di Kota Bukittinggi.

Mulai dari pelaksanaan kegitan Pekan Olahraga Disabilitas, Pelatihan Wirausaha disabilitas, Bantuan Kepada Gerkatin.

Kali ini bantuan disalurkan kepada Tuna Netra Bukittinggi, yang diserahkan secara simbolis di kantor dinas sosial, Kamis (16/09).

“Bantuan untuk Pertuni saat ini berjumlah Rp 75 Juta untuk pendirian unit usaha bagi tuna netra. Hal ini kami upayakan setelah mendengarkan berbagai keluhan penyandang  tuna netra, bahwa mereka tidak lagi mampu menyewa tempat untuk tempat usaha mereka, karena pelanggan pijat dimasa pandemi ini sangat berkurang. Sebagian tempat pijat tuna netra ada yang tutup, sewa rata-rata 8-10 juta petahun. Oleh sebab itu dana ini untuk membuka tempat pijit, nanti yang tidak punya tempat silahkan bekerja dengan sistim berkelompok,” ungkap Dedi Fatria.

Ketua Pertuni Bukittinggi, Salnita, menyampaikan saat ini ada lebih kurang 10 tuna netra yang sudah medaftar menjadi calon pekerja, semuanya tuna netra, kita akan kelompokkan mereka agar semuanya kebagian. Kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Dedi Fatria yang juga Penasehat Pertuni yang selalu konsisten mendampingi dan membina kami selama ini.

Sementara, Linda Feroza, Kepala Dinas Sosial Bukittinggi, mengapresiasi penyaluran Pokir Dedi Fatria ini. Hal ini sangan singkron dengan program pemerintah dalam upaya mensejahterakan masyarakat, khususnya pada sahabat penyandang disabilitas.

“Kami tentunya sangat berterima kasih kepada Bapak Dedi Fatria atas perhatiannya kepada penyandang disabilitas. Kebersamaan dan sinergi ini, tentu akan berdampak positif terhadap upaya pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat. Semoga niat baik ini dapat dijaga oleh teman-teman Pertuni, kita akan membantu apa saja yang bisa kita bantu, kita akan bina unit usaha ini,”ujarnya.

(Ophik)

To Top