Kaba Terkini

Dampak Hujan Deras, Padang Pariaman Dikepung Bencana

Sumbar dikepung bencana pasca hujan deras sepanjang Minggu, (23/1), bencana banjir dan tanah longsor terutama terjadi di Pessel, Padang, Padang Pariaman dan kabupaten Agam.
(Foto: dok. Istimewa)

Pariaman, kaba12.com — Dampak hujan deras dengan durasi yang cukup panjang Senin, (23/1) berdampak luar biasa bagi warga Sumatera Barat. Informasi yang berhasil dihimpun kaba12.com dari berbagai pihak, dampak hujan deras memicu bencana di Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Padang, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Agam, dan kabupaten Solok.

Informasi yang diperoleh kaba12.com, banjir dan tanah longsor terjadi di kabupaten Pesisir Selatan yang berdampak pada terputusnya akses warga akibat luapan banjir yang memenuhi pemukiman, jalan termasuk membenamkan areal sawah dan perkebunan warga, bahkan 1 warga dilaporkan hilang terseret air bah di Batu Mariam, Nagari Setara Nanggalo, kecamatan Koto XI Tarusan.

Di Kota Padang, dampak hujan lebat memicu luapan aliran sungai besar di kecamatan Koto Tangah dan berbagai kecamatan lain yang menyebabkan ratusan rumah warga terendam banjir, termasuk areal pertokoan dan sarana jalan.

Kondisi terparah dilaporkan dari Padang Pariaman, dampak hujan deras sepanjang Minggu memicu banjir besar di Lubuak Aluang dengan ketinggian air mencapai 200 cm, sehingga merendam puluhan rumah warga,areal pertokoan dan ruas jalan. Longsor juga terjadi di wilayah Sakayan, Lubuak Aluang yang menimbun badan jalan.

Selain itu, dampak hujan lebat disertai angin kencang menyebabkan pohon tumbang yang menimparumah warga di Pasar Limpato, Nagari Limpato Sungai Sariak, kecamatan VII Koto, juga di Anduriang, kecamatan 2×11 Kayu Tanam terjadi longsor yang menimbun badan jalan.

Kecamatan 2×11 Kayu Tanam, Padang Pariaman diinformasikan terdampak bencana cukup parah, dimana longsor juga terjadi di Rimbo Kalam, Anduriang, yang menimbun 1 rumah yang dihuni 5 warga, 4 warga berhasil dievakuasi, sementara 1 orang lainnya masih belum diketahui nasibnya.

Musibah juga melanda Korong Cimpua Pasa Durian, Nagari Lareh Nan Panjang, Sungai Sariak, kecamatan VII Koto, longsor menimbun 1 surau. Kemudian banjir merendam pemukiman warga di Sicincin, kecamatan 2×11 Anam Lingkuang, juga di Korong Sungaipua, Nagari Koto Dalam Barat, kecamatan VII Koto Padang Sago, terjadi longsor yang menimbun badan jalan serta banjir di Pasa Limau, Nagari Parik Malintang, kecamatan Anam Lingkuang yang merendam rumah warga dengan ketinggian air antara 50-200 cm.

“ Kita menghimpun update data dari BPBD Padang Pariaman, setidaknya 10 titik bencana terjadi sepanjang hari Minggu ini, terutama banjir, pohon tumbang dan tanah longsor yang berdampak terhadap pemukiman penduduk, ruas jalan,sarana ibadah dan sarana lainnya, “ ungkap Tedy, warga Padang Pariaman kepada kaba12.com Minggu, (23/1) malam.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top