Kaba Terkini

CPNS Rutan Maninjau Ikuti Pembekalan Perlindungan Diri

Maninjau, KABA12.com — Sebanyak 6 orang calon pegawai negeri sipil CPNS) angkatan tahun 2021 di lingkungan Rutan Kelas IIB Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam mengikuti kegiatan pembekalan perlindungan diri, Kamis (5/1).

Kegiatan yang digelar itu areal belakang rutan setempat itu, mendatangkan Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumbar, M Ali Syeh Bana yang memberi materi pembekalan perlindungan diri kepada para CPNS.

Selain diikuti oleh 6 orang CPNS Rutan Maninjau, kegiatan itu juga melibatkan 11 orang CPNS dari Lapas Kelas IIB Lubukbasung. Mereka mengikuti pembinaan fisik dan mental yang bertujuan untuk membangun dan membentuk karakter yang bermental tangguh serta berdisiplin tinggi.

Disamping itu mereka juga diberi penguatan tentang tugas dan fungsi pegawai, serta mengikuti terapi pijat bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumbar, Ali Syeh Bana menyebut, penguatan dan pembekalan perlindungan diri kali ini bertujuan untuk melatih ketahanan diri bagi para CPNS sehingga mampu meningkatkan kepercayaan dirinya masing-masing dalam melaksanakan tugas.

“Kegiatan ini perlu diberikan kepada para CPNS Kemenkumham agar mereka memahami betapa pentingnya perlindungan diri saat melaksanakan tugas membina warga binaan di lapas atau rutan,” ujarnya.

Ditambahkan, pembekalan perlindungan diri tersebut diharapkan kedepannya dapat meningkatkan rasa percaya diri, cepat tanggap, dan berintegritas selama menjalankan tugas. Termasuk meningkatkan pengamanan di lingkungan mereka bertugas.

“Kita berharap melalui pembekalan ini bisa menciptakan petugas yang handal dan berkualitas serta selalu disiplin terhadap kinerjanya masing-masing,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Rutan Maninjau Irphan Dwi Sanjojo didampingi Kepala Lapas Lubukbasung Suroto mengatakan, kemampuan bela diri penting dimiliki bagi seorang petugas lapas atau rutan untuk menunjang pengamanan di lingkungan kerja.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan dan pengamanan bagi CPNS sehingga bisa melaksanakan tugas dengan baik dan maksimal,” katanya.

(Bryan)

To Top