Agam

Cegah Terban, Seorang Warga Agam Timbun Bahu Jalan

Tiku, KABA12.com — Pedi (42), warga Tiku, Kecamatan Tanjungmutiara, Kabupaten Agam, menimbun bahu jalan produksi perkebunan sepanjang 300 meter di Ujuang Guguang, Bukik Batu Apuang, Jorong Durian Kapeh, Rabu (24/7).

Penimbunan bahu jalan itu, dia lakukan agar bahu jalan yang baru diaspal hotmix pada awal 2019 tersebut tidak terban tergerus air, sehingga jalan tidak rusak.

Penimbunan itu dilakukan menggunakan tanah di sekitar jalan tersebut dengan menggunakan alat berat ekskavator miliknya.

“Apabila tidak saya timbun maka jalan menjadi rusak dan petani kesulitan untuk membawa tandan buah segar (TBS) dari lahan ke lokasi pengumpul,” katanya.

Sebelumnya, Pedi juga membuka jalan di Koto Ilalang menuju Durian Kapeh, Kecamatan Tanjungmutiara dengan panjang 300 meter dan lebar empat meter.

Sementara itu, Anggota DPRD Agam, Antonis menambahkan pihaknya telah meminta pembangunan drainase ke Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruan Agam, saat pengaspalan jalan itu. Namun pembangunan drainase tidak masuk dalam paket pekerjaan atau tidak dianggarkan pada 2019.

“Saya akan mengusulkan pembangunan drainase pada APBD 2020, agar jalan tersebut menjadi aman,” katanya

Ia menambahkan, pihaknya telah mengusulkan pembukaan jalan produksi perkebunan dan pengerasan jalan Ujuang Guguang, Bukik Batu Apuang sebanyak 10 titik pada 2015.

Pembukaan dan pengerasan jalan itu untuk memudahkan 150 petani membawa (TBS), karena di daerah itu memiliki sekitar 300 hektare lahan kelapa sawit.

(Virgo/*)

To Top