Kaba Terkini

Cegah Napi Kabur, Rutan Kelas IIB Maninjau Renovasi Pagar Kawat Berduri Silet

Maninjau, KABA12.com — Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam melakukan renovasi pagar kawat berduri yang ada pada bagian atas tembok sekeliling rutan tersebut, Senin (6/9).

Kepala Rutan Kelas IIB Maninjau, Desrianto mengatakan, renovasi pagar kawat berduri ini dilakukan dalam rangka upaya deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban di lingkungan rutan.

“Penggantian pagar kawat berduri sekaligus bertujuan untuk mengantisipasi kasus narapidana atau warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang kabur dari rutan,” kata Desrianto kepada KABA12.com.

Ia menyebutkan, bentuk renovasi pagar kawat dilakukan dengan cara memasang pagar kawat berduri silet yang baru pada bagian atas tembok
keliling rutan.

“Pagar kawat berduri silet itu dipasang di sekeliling tembok Rutan Kelas IIB Maninjau. Diharapkan dengan upaya renovasi ini dapat meningkatkan keamanan dan ketertiban yang lebih kondusif,” ujarnya.

Sebagai upaya deteksi dini terhadap gangguan Kamtib, pihaknya juga rutin melaksanakan patroli atau kontrol pada malam hari. Kegiatan tersebut dilakukan dengan cara menyisir seluruh lingkungan rutan, termasuk memeriksa blok-blok hunian narapidana.

“Kontrol rutin ini dilaksanakan oleh regu pengamanan dan petugas yang piket di setiap malamnya. Tujuannya adalah untuk memastikan kondisi keamanan dan ketertiban di rutan tetap berjalan kondusif,” katanya.

(Bryan)

To Top