Kaba Terkini

Bupati Akan Buka Pacu Biduak Simawang

Tanah Datar, KABA12.com — Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi, direncanakan akan membuka loma Pacu Biduak Simawang 2017 yang akan diadakan di Dermaga Ombilin Danau Singkarak, Rabu (28/06). Lomba yang diadakan dalam rangka memeriahkan hari raya Idul Fitri 1438 H dan Pulang Basamo Ikatan Keluarga Tanah Datar (IKTD) se-Nusantara ini akan diikuti oleh 40 orang peserta dari daerah salingka Danau Singkarak.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Simawang Saiyo, M. Nur Idris, persiapan sudah dilakukan sejak satu bulan terakhir dan dipastikan akan menarik perhatian para pengunjung apalagi penyelenggaraan lomba kali ini bertepatan dengan kegiatan pulang basamo IKTD se-Nusantara.

“Secara umum panitia dan masyarakat sudah siap untuk melaksanakan lomba pacu biduk ini dan peserta sudah mendaftar sekitar 40 orang. Tahun ini dipastikan pengunjung yang melihat pacu biduk diprediksi akan membludak,” ujar M. Nur Idris.

Lebih lanjut anggota DPRD Kota Bukittnggi ini mengatakan, penyelenggaraan pacu biduak akan memperebutkan piala bergilir dari sebuah perusahan ekspedisi Aison Ekpres Pekanbaru, Piala Bupati Tanah Datar, Piala IKTD dan Simawang Saiyo yang dibagi dalam dua kategori, perorangan dan ganda. Disamping piala, pemenang pacu biduak kali ini juga akan memperoleh hadiah uang tunai jutaan rupiah dari sponsor.

Acara tahun ini diadakan untuk memeriahkan hari raya Idul Fitri dan Pulang Basamo IKTD. DPP Simawang Saiyo juga mengadakan acara Senam Massal dan Hiburan KIM yang diadakan satu hari penuh, mulai pagi dan malam hari dengan berbagai hadiah.

Sementara itu, Wali Nagari Simawang E. Dt. Rajo Muyang mengharapkan agar kedepan acara lomba pacu biduak ini dibuat secara permanen sebagai event kabupaten Tanah Datar. Karena ini bisa menjadi daya tarik untuk berkunjung ke Danau Singkarak terutama nagari Simawang.

“Kami dari pemerintah nagari Simawang berarap kiranya Pemda Tanah Datar menjadikan pacu biduak sebagai egenda tahunan yang diadakan sebagai kegiatan Pemda Tanah Datar. Kami pemerintahan nagari akan mendukung penuh acara pacu biduak ini diadakan” ujar E. Dt. Rajo Muyang.

Harapan yang sama juga disampaikan oleh Anggota DPRD Tanah Datar , A. Sutan Tunaro. Anggota Fraksi PAN ini berharap kegiatan pacu biduk ini harus dipertahankan dan diadakan setiap tahun. Tentu saja Pemkab Tanah Datar dapat memberikan perhatian untuk penyelenggaraan kedepan dalam bidang anggarannya.

“Khusus nagari Simawang pacu biduak ini yang menjadi kekhususannya. Tidak sama dengan pacu jalur atau dragon boat di tempat lain. Kalau nagari Simawang pacu biduak inilah yang diandalkan dan menarik perhatian pengunjung,” tutup Sutan Tunaro.

(Ophik)

To Top