Kaba Terkini

Bupati Agam Dr.Andri Warman Nominator AK PWI 2023

Jakarta, kaba12.com — Bupati Agam Dr.Andri Warman, terpilih sebagai salah satu nominator penerima Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (AK-PWI) ke-5 tahu 2023.

Bupati Agam itu, terpilih menjadi salah satu nominator penerima AK-PWI bersama 10 kepala daerah lain di Indonesia, dan merupakan satu-satunya kepala daerah di Sumatera Barat yang berhasil lolos dalam penilaian 10 besar nasional.

Dijadualkan, Rabu,(4/1) ini, Bupati Agam akan tampil dihadapan tim penilai tingkat nasional untuk mempresentasikan keunggulan yang dimiliki kabupaten Agam termasuk kategori ketahanan pangan yang diusulkan pada panitia AK-PWI 2023, sejak tahun 2022 lalu.

Menurut Khasma Zaini, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (ProKP) Setda Agam yang mendampingi Bupati Agam bersama Kadinas Kominfo Agam Rahmat Lasmono di Jakarta menjelaskan, Bupati Agam menjadi salah satu nominator penerima Anugerah Kebudayaan PWI tahun ini.

Dijelaskan,dalam moment Anugerah Kebudayaan PWI tahun ini, PWI Pusat mengangkat tajuk Inovasi Pangan, Sandang, Papan, Berbasis Informasi dan Kebudayaan, “ada tiga kategori penilaian yakni sandang, papan dan pangan. Bupati Agam menjadi salah satu nominator untuk kategori pangan,” sebutnya.

Khasman mengungkapkan, Dr Andri Warman ditetapkan sebagai salah satu nominator setelah PWI Pusat melirik strategi kebudayaaan yang diusung bupati dalam menjaga hutan sebagai penunjang ketahanan pangan.

“Setelah melihat usaha, succes story dan dampak strategi ini terhadap ketahanan pangan di Agam, maka strategi bupati dinyatakan cocok dengan misi PWI pada ajang ini, sehingga bupati ditetapkan bersama 10 kepala daerah lain di Indonesia untik mempresentasikan strategi di hadapan tim juri Rabu ini,” sebut Khasman Zaini saat dihubungi di Jakarta Rabu,(4/1) pagi.

Pihaknya berharap, Bupati Agam bisa lolos dalam rangkain proses seleksi yang dilakukan tim AK-PWI 2023, karena hal ini menjadi salah satu anugerah luar biasa bagi masyarakat kabupaten Agam, khususnya dalam dunia Pers serta masyarakat penggiat ketahanan pangan.

Sementara menurut Yusuf Susilo Hartono, Ketua Pelaksana AK-PWI 2023, kondisi pangan, sandang, dan papan Indonesia hari ini sesungguhnya sedang tidak baik-baik saja, sehingga dibutuhkan berbagai inovasi di lapangan, dari hulu hingga hilir, utamanya di tingkat lokal.

“Salah satu aktor inovasi penting di sana adalah para kepala daerah, dalam hal ini para bupati dan wali kota yang mempunyai visi kebudayaan dan literasi informasi media,” jelasnya.

Dalam proses penilaian AK-PWI 2023, PWI Pusat melibatkan tim juri yang terdiri atas para wartawan senior, pelaku dan pengamat seni-budaya, serta dosen, seperti Ninok Leksono, Nungki Kusumastuti, Agus Dermawan T, Atal S. Depari, dan Yusuf Susilo Hartono yang telah memilih 10 bupati-walikota se Indonesia untuk didengarkan presentasinya di Jakarta, 3-4 Januari 2023.

Ditambahkan, babak presentasi ini menjadi penentu terpilihnya kepala daerah untuk menerima penghargaan Trofi Abyakta, yang akan diserahkan pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023, tanggal 9 Februari 2023 mendatang di Medan, Sumatera Utara.

HARMEN

To Top