Kaba Terkini

Bunda Paud: Manasik Haji Sudah Menjadi Budaya Di Agam

Lubukbasung, KABA12.com — Bunda Paud Kabupaten Agam, Ny. Vita Indra Catri, mengatakan manasik haji sudah menjadi budaya bagi seluruh kecamatan di Kabupaten Agam setiap tahunnya, dengan jumlah pesertanya bertambah karena semakin diminati masyarakat.

Hal itu ia ungkapkan saat menghadiri kegiatan manasik haji yang diikuti 1.200 murid PAUD se-kecamatan Lubukbasung, di Lapangan GOR Rang Agam Lubuk Basung, Selasa (17/9) pagi.

Menurutnya, kegiatan manasik sangat diperlukan sebagai suatu proses penting pembelajaran bagi anak-anak sejak dini.

“Belum lama ini kita juga melakukan manasik haji cilik di Baso. Kehadiran masyarakatnya sangat tinggi, kita berharap setelah ini juga diikuti oleh kecamatan lainnya,” katanya

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam, Isra juga memberi apresiasi atas terselenggaranya kegiatan itu setiap tahun.

Pentingnya peragaan manasik haji selain memberikan pemahaman rukun islam kepada anak, para orang tua juga bisa saling kenal mengenal dalam merajut tali silahturahim.

“Substansi ibadah haji memiliki makna multi dimensi. Pasalnya banyak aspek yang mendukung dalam pelaksanaan ibadah haji mulai aspek fisik, mental, bakat maupun spritualnya serta kemampuan secara keuangan,” ulasnya.

Salah seorang murid Paud, Aisyah (5 tahun) mengatakan, kegiatan manasik haji ini cukup menyenangkan baginya. “Kami ingin pergi haji bersama orangtua nantinya. Kami ingin masuk surga,” katanya.

(Virgo/*)

To Top