Kaba Bukittinggi

Bukittinggi Kembali Gelar BOMC V 2019 Perebutkan Total Hadiah Rp 60 Juta

Bukittinggi, KABA12.com — Pemko Bukittinggi melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) bekerjasama dengan Persatuan Drumband Indonesia (PDBI) kembali akan gelar Lomba Drumband tingkat SD, SLTP, SLTA dan Umum.

Kegiatan yang dikenal dengan event Bukittinggi Open Marchingband Competition (BOMC) ke-V tersebut akan dilaksanakan dua hari, 22-24 November mendatang, di Lapangan Wirabraja dan lapangan Pedestrian Jam Gadang, Bukittinggi.

Hal itu disampaikan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga diwakili oleh Kabid Pemuda dan Olahraga Wajidi, ketika memberikan sosialisasi lomba BOMC Tahun 2019 kepada 65 unit band yang dihadiri kepala sekolah dan pembina drumband sekolah TK, SD, SLTP dan SLTA se-Kota Bukittinggi, di Aula Kantor DPRD Kota Bukittinggi, Sabtu (03/08).

Wajidi didampingi Ketua PDBI Kota Bukittinggi, M. Nur Idris dan sejumlah pengurus yakni Eny Sulistiawaty dan Ismail menjelaskan, perlombaan akbar ini diikuti oleh lebih 45 tim drumband sekolah TK, SD, SMP/MTsN dan SMA/MAN Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam serta drumband dari umum. Ajang ini diadakan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Bukittinggi ke-235 dengan tiga mata lomba Display, Street Parade dan Drum Battle dengan total hadiah sebesar Rl 60 juta.

“Kita optimis Lomba Drumband tingkat TK, SD, SMP/MTsN dan SMA/MAN Se-Bukittinggi dan Kabupaten Agam ini akan meriah. Kita juga targetkan, event ini tercatat sebagai kegiatan rutin tahunan daerah dalam agenda PBDI Bukittinggi dan PDBI Pusat,” ujar Wajidi yang akrab dipanggil Mak Itam.

Sementara itu, Ketua PDBI Kota Bukittinggi M. Nur Idris menambahkan, event yang bertajuk Bukittinggi Open Marchingband Competition 2019 berlangsung tiga hari, mata lomba Display digelar Jumat (22/10), mata lomba Drum Battle dilaksanakan Sabtu (23/08) di lapangan Pedestrian Jam Gadang dan Streed Parade Minggu (24/08). Lomba ini memperebutkan piala bergilir Walikota Bukittinggi, Piala Ketua DPRD, Piala Kapolres, Piala Dandim 0304/Agam, Piala Kadisparpora dan Ketua PDBI Bukittinggi serta bonus uang pembinaan total keseluruhan Rp 60 juta.

Selain mata lomba Display, Street Parade dan Drum Battle, dalam lomba kali ini ada delapan kategori diperlombakan yakni, tim terbaik, musik analisis hornline, musik analisis percussion, field commander, color guard, mayoret, busana tim dan general efek.

Untuk juri didatangkan langsung dari PDBI Pusat Jakarta, Medan, Aceh dan Juri dari Padang yang berjumlah 5 orang dengan standar penilaian dari Asian Marchingband Comfederation (AMBC).

“Masing-masing kategori akan dinilai juri yang didatangkan langsung dari PDBI Jakarta, Medan, Aceh serta dari Padang, baik untuk tingkat TK, SD (junior) maupun SLTP/SLTA (senior). Juri sengaja di datangkan dari luar untuk menjaga netralitas dan mutu penilaian lomba dengan standar internasional dari Asian Marchingband Comfederation (AMBC),” ujar M. Nur Idris.

(Ophik)

To Top