Kaba Pemko Bukittinggi

Bukittinggi Bertakbir Sambut Idul Fitri 1440 H

Bukittinggi, KABA12.com — Pemerintah kota Bukittinggi kembali menggelar Bukittinggi Bertakbir, menyambut Idul Fitri 1440 H. Kegiatan keagamaan ini diikuti Walikota, Wakil Walikota, unsur Forkopimda, Kepala OPD dan sejumlah undangan lainnya, di rumah dinas Walikota, Selasa (04/06) malam.

Ketua PHBI kota Bukittinggi, H. Khamidir, menjelaskan, pada awalnya kegatan Bukittinggi Bertakbir, akan dilaksanakan di pelataran Jam Gadang. Namun, karena cuaca Bukittinggi hujan, kegiatan ini dipindahkan ke rumah dinas Walikota.

“Selanjutnya, untuk persiapan shalat Idul Fitri Rabu pagi, tetap dipusatkan di Lapangan Wirabraja Bukittinggi. Jika hujan dan kondisi lapangan tidak memungkinkan, shalat Id akan dipindahkan ke Masjid Al Hanif Kodim,” jelasnya.

Untuk pelaksanaan Shalat Idul Fitri, dilaksana pada hari Rabu dengan Khatib DR. Ahmad Hatta dari Jakarta asal Tigo Baleh. Sementara shalat Idul Fitri dipimpin Imam Ustadz H. Syamsu Rizal pimpinan pondok pesantren Al Ma’rif Koto Selayan.

Selanjutnya, dalam Bukittinggi Bertakbir, Kakan Kemenag Bukittinggi, Abrar Munanda, menyampaikan tausiyah terkait hikmah puasa. “Ketaatan selama Ramadhan diharapkan dapat tetap berlanjut, bahkan ditingkatkan setelah Ramadhan nanti. Disiplin diri dalam ibadah, iman selama Ramadhan, harus tetap dipertahankan di luar bulan Ramadhan. Jika bisa mempertahankan itu, insyaAllah hikmah puasa untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah, didapatkan umat muslim,” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, menyampaikan, kegaitan Bukittinggi Bertakbir, menjadi program rutin yang digelar oleh pemerintah kota Bukittinggi setiap menyambut Idul Fitri.

“Atas nama pemerintah kota Bukittinggi dan pribadi serta keluarga, meminta maaf atas segala kesalahan kepada seluruh warga kota. Selamat hari raya Idul Fitri 1440 H, taqabbalallahu minna wa minkum, minai aidin wal faizin,” ungkapnya.

Selanjutnya, Walikota juga ikut mengimbau kepada warga untuk ikut melaksanakan shalat Idul Fitri di Lapangan Wirabraja Bukittinggi. Selain itu, Wako juga mengingatkan umat muslim untuk tidak lupa membayarkan zakat fitrah. “Semoga kita bisa kembali bersama di Ramadhan di tahun depan,” harapnya.

Bukittinggi Bertakbir, dipandu langsung oleh qori terbaik, yang tergabung dalam IPQAH Bukittinggi dan diikuti oleh seluruh tamu undangan yang hadir.
(Ophik)

To Top