Pemkab Agam

Besok, Nagari Dalko Diresmikan Bupati Agam

Dalko, KABA12.com — Bupati Agam Andri Warman dijadwalkan akan meresmikan Nagari Dalko di Kecamatan Tanjung Raya sebagai nagari definitif pada Rabu (21/12) besok.

Peresmian nagari itu akan dilaksanakan di kantor walinagari setempat di Jorong Lubuak Sao, pada Rabu pagi sekitar pukul 09.00 WIB. Sementara tamu undangan akan dihadiri oleh sejumlah kepala OPD, pemerintah kecamatan, tokoh masyarakat, hingga perantau.

Selain melakukan peresmian nagari, bupati juga akan melantik seorang penjabat (Pj) walinagari sementara untuk memimpin Nagari Dalko.

Camat Tanjung Raya, Roza Syafdefianti menyebut, berbagai persiapan telah dilakukan panitia untuk menyukseskan acara peresmian besok.

“Persiapannya sudah 95 persen, tinggal finishing dan pelaksanaannya besok pukul 09.00 pagi,” kata Roza Syafdefianti kepada KABA12.com, Selasa (20/12).

Ia mengakui, pemekaran nagari tersebut sudah puluhan tahun dinantikan oleh seluruh masyarakat setempat. Pemekaran Nagari Dalko telah melalui tahapan dan proses panjang hingga ditetapkan sebagai nagari definitif.

“Masyarakat setempat sudah menantikan pemekaran nagari tersebut sejak 30 tahun lalu, dan baru terwujud pada tahun ini,” ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah mengeluarkan kode desa untuk Nagari Dalko bersama 9 nagari persiapan lain di Kabupaten Agam. Kode desa tersebut sudah diserahkan oleh Wakil Mendagri, Jhon Wempi Wetipo beberapa waktu lalu.

Dengan begitu, Kecamatan Tanjung Raya akan genap memiliki 10 nagari.

Diketahui, Nagari Dalko merupakan sebuah nagari hasil pemekaran dari Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya. Nama Dalko sendiri diambil dari gabungan wilayah jorong yang ada di nagari tersebut, yaitu Dama Gadang, Arikia, Lubuak Sao, dan Koto Panjang.

(Bryan)

To Top