Kaba Terkini

Apel Tahunan, TNI Perkuat Barisan Amankan Pemilu

Bukittinggi, KABA12.com — Puluhan Danramil dan Babinsa yang tersebar di wilayah Kodim 0304/Agam, mengikuti apel tahun 2017, di Makodim Bukittinggi, Selasa (19/12). Kegiatan ini dihadiri langsung Walikota Bukittinggi dan Bupati Agam yang diwakili Assisten II serta Dandim 0304/Agam.

Dandim 0304 Agam, Letko. Kav. Salim Kurniawan Dewantara menjelaskan apel dilaksanakan serentak seluruh Indonesia, sesuai dengan perintah Panglima TNI. Dalam apel tahun 2017 ini seluruh aparat TNI diperintahkan untuk mengawal seluruh bentuk tahapan pemilu, karena Indonesia akan masuk tahun pemilu 2018 hingga 2020.

“Sesuai perintah Panglima TNI, apel pun dilakukan untuk evaluasi, menyampaikan hasil apel Danrem dan Dandim sebelumnya kepada Danramil serta Babinsa untuk menyusun program kedepan, merespon program pemerintah. Program prioritas itu mengawal pelaksanaan pemilu. Seluruh anggota harus perkuat barisan untuk pengamanan pemilu. Untuk itu, selama masih aktif, tak ada satu pun anggota TNI yang boleh terjun ke dunia politik karena TNI itu netral,” tegasnya.

Bupati melalui Assisten II Setdakab Agam, Isman Imran mengapresiasi maksud dan tujuan apel tahunan untuk para Danramil dan Babinsa ini. Sesuai yang disampaikan Dandim, evaluasi dan penyusunan program juga disinergikan dengan program pembangunan kabupaten Agam, termasuk dalam menghadapi pemilu 2019.

“Nuansa pemilu sudah mulai dirasakan saat ini. Gesekannya cukup terasa. Karena momen ini akan dimanfaatkan untuk mendapatkan suara ataupun membesarkan partai. Untuk itu, dibutuhkan sinergi dan antara pemkab dengan kodim dan Polres agar gesekan tidak mengarah kepada pelanggaran,” ujarnya.

Sementara, Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias mengungkapkan, kegiatan apel Danramil Babinsa, dapat meningkatkan kemampuan aparat Komando Kewilayahan dalam rangka menghadapi permasalahan di wilayah binaan melalui pelaksanaan binter untuk mendukung tugas pokok TNI AD ke depan. Pengawalan terhadap pemilu menjadi tugas berat bagi aparat TNI, karena banyak tahapan yang dilaksanakan dan telah dimulai sejak saat ini.

“Kita mengetahui pemilu akan dilaksanakan tahun 2019, namun saat ini tahapannya sudah dimulai. Tidak dipungkiri banyak cara yang dilakukan para calon untuk mendapatkan suara. Namun hal ini harus mendapat pengawalan ketat dari TNI agar tidak melanggar aturan dan menciderai makna demokrasi,” ungkapnya.

Apel tahunan ini dilaksanakan selama dua hari 19 dan 20 Desember 2017. Para Danramil dan Babinsa diberikan materi dan pengetahuan untuk menghadapi berbagai tantangan global di daerah masing-masing.

(Ophik)

To Top