Kaba Agam

Antisipasi Terjadinya Inflasi, 5 Kajian Dibahas

Lubukbasung, KABA12.com — Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Isman Imran mengatakan, ada lima kajian yang dibahas terkait dalam mengantisipasi terjadinya inflasi bagi komoditi pertanian di Kabupaten Agam.

Hal itu Isman ungkapkan saat memimpin rapat bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) membahas tentang pengendalian inflasi, Senin (2/9) di Aula Dinas Pertanian, Lubuk Basung.

5 kajian tersebut yaitu, pertama, melakukan pengkoordinasian pengkajian data kondisi terkini inflasi daerah. Kedua, dilakukan upaya peningkatan produksi pertanian yang berpotensi terhadap inflasi.

“Caranya melalui peningkatan pengaturan pertanaman, peningkatan pengadaan bibit unggul serta peningkatan luas tanam dan luas panen,” ujarnya.

Ketiga, melakukan upaya ketersediaan komoditi berkelanjutan perlu dukungan anggaran perluasan lahan. Keempat, menjalin koordinasi permanen terhadap perkembangan harga komoditi di daerah, termasuk biaya transportasi yang bisa mempengaruhi harga komoditi pertanian.

Dan yang kelima, diperlukan perencanaan kegiatan yang lebih komprehensif sehingga bisa melahirkan kegiatan yang berpihak terhadap kepentingan masyarakat.

“Oleh sebab itu, keberadaan bidang perencanaan sangat dominan disini dalam hal perencanaan kegiatan dimasing-masing dinas. Untuk itu, kita minta kepada dinas terkait untuk menyiapkan data yang valid dan juga sinkron dengan visi misi Pemerintah Daerah,” jelasnya.

(Jaswit)

To Top