Kaba DPRD Bukittinggi

Anggota DPRD Bukittinggi Dilantik 7 Agustus, Dana Rp 400 Juta Disiapkan

Bukittinggi, KABA12.com — Jelang pelantikan anggota DPRD Bukittinggi terpilih periode 2019-2024, Sekretariat DPRD Kota Bukittinggi terus berupaya melakukan dan mematangkan sejumlah persiapan. Menurut rencana, pelantikan wakil rakyat terpilih untuk DPRD Bukittinggi itu, dilaksanakan pada Rabu 7 Agustus 2019.

Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Bukittinggi, Musmulyadi, menjelaskan, dengan telah dilakukannya penetapan perolehan jumlah kursi partai politik dan penetapan calon terpilih anggota DPRD Bukittinggi periode 2019-2024 dalam rapat Pleno KPU Bukittinggi beberapa waktu yang lalu, maka Sekretariat DPRD terus berupaya untuk mematangkan sejumlah persiapan untuk menyambut anggota dewan terpilih pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Diantara persiapan yang dilakukan itu seperti pengadaan pakaian dinas, undangan dan tempat acara pelantikan. Khusus untuk pengadaan pakai dinas, sekretariat DPRD telah menganggarkan pagu dana sebesar 400 juta dari APBD Kota Bukittinggi untuk 25 orang anggota DPRD terpilih.

Masing masing anggota dewan nantinya akan mendapatkan 5 stel pakai dinas, dengan rincian 1 stel pakaian sipil lengkap, 1 stel pakaian sipil harian, 1 stel pakaian sipil resmi, dan 1 stel pakaian sipil kedaerahan. Sedangkan untuk pengukuran pakaian dinas 25 orang anggota dewan terpilih ini, juga telah siap semuanya dilakukan. Dimana untuk pengukurannya dilakukan di sekretariat DPRD Kota Bukittinggi.

“Mengingat anggaran pengadaan pakaian dinas ini sebesar Rp 400 Juta, maka untuk pengadaannya kita lakukan lewat tender di Unit Layanan Pengadaan (ULP), yang dimenangkan oleh PT. Gemilang Nusantara Cipinang Jakarta. Jadi untuk persiapan pakaian dinas ini telah clear semuanya dan tidak ada masalah,” ujar Musmulyadi.

Menurutnya, pengadaan pakaian dinas untuk anggota dewan ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD, Pasal 9 yang mengatur tentang jenis pakaian dinas pimpinan dan anggota DPRD. Pakaian dinas yang disediakan ini menjadi salah satu fasilitas penunjang yang diberikan pada anggota DPRD.

Terkait dengan jadwal pelantikan anggota dewan, Musmulyadi menyampaikan bahwa jadwal pelantikan disesuaikan dengan Keputusan Gubernur Sumbar. Hal ini mengacu kepada surat Gubernur Sumbar Nomor 120-387/Pem-2019 Tanggal 18 Juli 2019, tentang penetapan keputusan Gubernur bagi calon anggota DPRD terpilih. Surat Keputusan itu dialamatkan ke Mentri Dalam Negeri Cq Dirjen Otonomi Daerah di Jakarta.

“Intinya kami dari Sekteretariat DPRD telah siap untuk melakukan kegiatan pelantikan tersebut. Bahkan untuk kegiatan pelantikan ini, Sekretariat DPRD juga telah membentuk panitia pelantikan yang melibatkan seluruh jajaran sekretariat DPRD, serta melakukan rapat staf yang dipimpin oleh Sekwan DPRD Hermansyah,” ujar mantan Kabag Umum Setdako Bukittinggi ini.

Terpisah Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Bukittinggi Hermansyah mengatakan, pelantikan 25 orang anggota DPRD terpilih periode 2019-2024 dijadwalkan pada 7 Agustus 2019. Hal ini sehubungan dengan berakhirnya masa jabatan anggota DPRD periode 2014-2019 pada tanggal tersebut.

Menurutnya, saat ini sekretariat DPRD tengah menyiapkan 1000 lebih undangan untuk kegiatan pelantikan yang akan dilaksanakan di Balai Sidang Bung Hatta Bukittinggi. Undangan yang akan dicetak itu nantinya akan disesuaikan dengan kapasitas Balai Sidang Bung Hatta. Disamping itu juga dipersiapkan kebutuhan lainnya seperti konsumsi, dekorasi dan berbagai kebutuhan lainnya.

“Untuk kesuksesan acara pelantikan tersebut, kami telah mempersiapkan segala sesuatunya jauh jauh hari. Disamping telah membentuk panitia pelaksana, kita juga telah melakukan beberapa kali rapat untuk kegiatan pelantikan itu,” tegas Hermansyah.

(Ophik)

To Top