Kaba Pemko Bukittinggi

Akhir 2018 Masalah Air Ditargetkan Selesai

Bukittinggi, KABA12.com — Masalah  air bersih di kota Bukittinggi, ditargetkan selesai akhir 2018.

Sejumlah titik sumber air, tengah diupayakan pemko dalam memenuhi kebutuhan air masyarakat kota wisata.

Target pemko itu, disampaikan Wakil Walikota Bukittinggi, Irwandi, saat safari Ramadhan tim VIII Pemko Bukittinggi di Mesjid Darul Ikhlas, Jalan Pemuda, kelurahan Aur Tajungkang Tangah Sawah (ATTS), kecamatan Guguk Panjang, Rabu (07/06).

Wakil Walikota, Irwandi menjelaskan, Bukittinggi sekitar 57 persen kehilangan air karena kerusakan pipa dan kini sedang diperbaiki. Untuk debit air, saat ini sudah ada air dari Sungai Tanang masuk ke kota Bukittinggi sekitar 200 liter per detik, namun Bukittinggi diperkirakan butuh air 500 liter air per detik.

“Ini yang sedang kita usahakan. Tahun depan akan dibangun embung di wilayah Tabek Gadang seluas 100 hektar dengan 100 liter per detik, selain itu juga diupayakan 200 liter per detik air masuk dari Malalak. Dengan upaya itu, kita targetkan akhir 2018 nanti, seluruh kebutuhan air warga dapat terpenuhi,” jelas Irwandi.

Selain permasalahan air, pemko juga tengah mengupayakan penyelesaian konsolidasi, penataan infrastruktur kota dan penertiban kota sehingga terwujud visi misi pemrintah yang tersusun dalam RPJMD.

Kedatangan tim disambut hangat pengurus mesjid, yang diketuai oleh dr. H. Harma Zaldi,  mantan Wakil Walikota Bukittinggi periode sebelumnya.

Dalam kesempatan itu, tim  menyerahkan secara simbolis, bantuan berupa voucher senilai Rp 25 juta dari Pemko Bukittinggi. Selain itu, Bank Nagari sebagai salah satu mitra pemko, juga memberikan bantuan satu paket Al Quran, jam dinding dan uang tunai sejumlah Rp 2,5 juta.

(Ophik)

To Top