Kaba Terkini

Agam Kirim Tim Lengkap, Bantu Penanganan Pasca Gempa di Pasaman

Lubukbasung, kaba12.com — Pemerintah Kabupaten Agam mengirim tim reaksi cepat (TRC) lengkap untuk membantu penanganan darurat pasca bencana gempa yang melanda daerah kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Pasaman, Jumat, (25/2).

Tim lengkap yang dikirim ke wilayah terdampak gempa cukup parah itu terutama 2 tim reaksi cepat Damkar Agam, 2 TRC BPBD Agam, 2 tim tanggap bencana BAZNAS Agam dibantu tim medis dari Dinas Kesehatan Agam.

Tim medis yang diturunkan Dinkes Agam masing- masing dokter umum 4 orang, dokter spesialis 2 orang, perawat 2 orang, ambulance 2 unit, sejumlah bahan medis habis pakai (BMHP) dan obat-obatan.

Hal itu disebutkan dr.H. Hendri Rusdian, Kadinas Kesehatan Agam kepada kaba12.com, menyikapi kondisi penanganan dampak pasca bencana di wilayah tetangga, yakni kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat.

Disebutkan, sesuai instruksi bupati Agam, tim reaksi cepat dan tim medis yang diterjunkan ke lokasi terdampak bencana saat ini fokus membantu penanganan di wilayah kecamatan Tigo Nagari, kabupaten Pasaman, karena di wilayah itu diinformasikan mengalami dampak cukup parah pasca diguncang gempa berkekuatan 6,1 MMI Jumat pagi.

Tim yang diturunkan Pemkab. Agam, ulas Hendri Rusdian, akan berada di lokasi sampai proses penanganan darurat utama selesai, terutama penanganan warga yang terluka, pengobatan dan langkah lain yang berkoordinasi dengan BPBD Sumbar dan BPBD Pasaman.

” Tim gabungan sudah bergerak ke lapangan, dan diharapkan bisa langsung bergerak di lokasi untuk membantu penanganan pasca bencana, ” ungkap Kadinkes Agam itu lagi.

Sementara perkembangan terkini dampak musibah gempa di Pasaman Barat dan Pasaman hingga Jumat sore, diinformasikan tim gabungan dari berbagai daerah termasuk kabupaten Agam sudah berada di lokasi dan langsung membantu proses evakuasi warga yang terdampak bencana.

Informasi yang diperoleh kaba12.com, jumlah korban akibat kedahsyatan guncangan gempa yang terasa ke Singapura dan Malaysia itu, meningkat dengan 4 orang meninggal dunia, 32 orang terluka dan ribuan warga mengungsi karena rumah mereka hancur diguncang gempa.

HARMEN

To Top