Kaba Terkini

9 Nagari Gelar Pilwana Serentak Tahap II

Lubuk Basung,  KABA12.com — Besok sembilan Nagari akan gelar Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) serentak periode 2017-2023 gelombang II di Kabupaten Agam, Rabu (19/07).

Sembilan nagari tersebut, berasal  dari empat kecamatan yakni, Kecamatan Tanjung Mutiara, Tanjung Raya, IV Koto dan Malalak.

Di  kecamatan Tanjung Mutira hanya satu nagari yang akan melaksanakan pesta demokrasi ini, yaitu Nagari Tiku Utara dengan 13 TPS yang tersebar di daerah itu dengan jumlah pemilih di nagari tersebut sebanyak 5.630 orang.

Sedang di  Kecamatan Tanjung Raya akan menggelar Pilwana di tiga nagari. yakni, Nagari Duo Koto, Nagari Paninjauan dan Nagari Koto Malintang dengan jumlah TPS  di kecamatan itu sebanyak 6 TPS dengan total pemilih sebanyak 5.854 orang.

Untuk pemilihan wali nagari di Kecamatan IV Koto dilaksanakan  tiga nagari yakni, Nagari Balingka, Nagari Sianok Anam Suku dan Nagari Koto Gadang dengan jumlah TPS di kecamatan IV Koto sebanyak 16 TPS, dengan jumlah pemilih  7.834 orang.

Dan untuk Kecamatan Malalak yang mengikuti pilwana itu sebanyak 2 nagari yakni, Nagari Malak Barat dan Malalak timur, dengan jumlah TPS sebanyak 5 TPS dengan  jumlah pemilih , 3.776 orang.

Pemkab Agam sendiri sudah membagi tim monitorig pilwana di seluruh kecamatan yang turun serentak memantau pelaksanaan pilwana tahap II.

Seperti dijelaskan Asisten I Sekab Agam Yosefriawan yang menyebut tim akan begerak ke kecanatan dan nagari yang melaksanakan pilwana usai upacara peringatan 24 tahun ibukota kabuoaten Agam di Lubuk Basung,” secara umum persiapan sudah matang dilakukan panitia pilwana di masing-masing nagari,” jelas Yosefriawan.

(M.Ikhsan)

To Top