Kaba Terkini

77 Perbankan Bantu BI Sebarkan Rupiah Emisi Baru Saat Ramadhan

Jakarta, KABA12.com — 77 bank membantantu Bank Indonesia (BI) untuk menghadirkan loket-loket penukaran uang ke masyarakat guna memenuhi peningkatan kebutuhan saat Ramadan hingga Lebaran. Deputi Gubernur BI, Sugeng, mengatakan hal tersebut demi mempermudah masyarakat untuk mendapatkan uang baru.

“Kami juga melakukan penyebarannya sesuai dengan pecahan yang diharapkan masyarakat. selain itu kami melakukan kas titipan, dengan kerja sama bersama 77 perbankan dan ditambah ada 45 kanwil BI, jadi ada 112 titik distribusi di seluruh Indonesia,” kata Sugeng, mengutip dari sindonews.com, Rabu (07/06).

Dia memastikan dengan langkah ini, penyebaran uang baru akan lebih baik dan cukup, serta bisa sampai ke masyarakat yang memerlukan.  Melalaui kas titipan tersebut, Sugeng meyakini pecahan-pecahan uang baru bisa disebarkan lebih cepat.

Demikain juga dalam waktu dekat BI akan percepat pengedaran uang di kota-kota Terluar, Terpencil dan Terdepan (3T).

“Ini penting, karena presiden sudah membangun perbatasan wilayah Indonesia dengan bangunan-bangunan yang bagus. Karena itu di perbatasan, dengan 3T, suplai dengan kecukupan uang disitu, uang beredar diperbatasan harus beredar disitu,” paparnya.

Kemudian menurutnya perbankan juga memfasiliasi pembangunan di perbatasan dan dilengkapi dengan money changer agar mempermudah masyarakat menukar uang rupiah. “Sehingga nanti bagi orang yang ingin menukarkan uang, bisa dilakukan di sana,” pungkasnya.

(Virgo)

To Top