Pariwara DPRD Agam

7 Fraksi Nyatakan Persetujuan, DPRD Agam Sahkan Ranperda PP APBD 2022

Lubukbasung, kaba12 — DPRD Agam nyatakan persetujuan terkait dengan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (PP-APBD) Kabupaten Agam Tahun Anggaran 2022.

Persetujuan tujuh fraksi DPRD Agam itu masing-masing fraksi Gerindra, PAN, Demokrat-Nasdem, PKS, Golkar, PPP, PBB-Berkarya-Hanura menandai disahkan ranperda PP APBD 2022 itu, menjadi Peraturan Daerah (Perda) di kabupaten Agam.

Pernyampaian pandangan umum, persetujuan dan pengesahan ranperda PP-APBD 2022 itu digelar dalam sidang paripurna DPRD Agam di ruang sidang utama DPRD Agam, Senin, (17/7) yang disampaikan masing-masing juru bicara fraksi.

Seperti disampaikan Nesi Harmita,ST, jurbicara fraksi Gerindra menyebutkan beberapa poin penting terkait dengan PP-APBD 2022 tersebut, yang menurutnya perlu menjadi catatan penting dan bahan evaluasi dalam rangka memaksimalkan kegiatan untuk tahun anggaran berikutnya.

Hal senada disampaikan Suhermi, juru bicara Fraksi PKS yang berharap berharap hasil kajian dan catatan evaluasi yang disampaikan sebelumnya dalam serangkaian pembahasan bersama pemerintah, sesuai komitmen memberi pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Sementara menurut Syafril, juru bicara fraksi Demokrat Nasdem dibacakan Syafril, SE yang menyebut semangat kepedulian akan optimalisasi yang dirancang bersama antara lembaga DPRD dengan pemerintah, harus terus ditingkatkan kualitasnya kedepan.

Sedang menurut Syaflin,SH,MH, jurubicara Fraksi PAN, perjalanan panjang pemahasan PP-APBD 2022 menjadi dinamika tersendiri bagi lembaga DPRD dan Pemkab.Agam, yang dilandasi upaya untuk terus meningkatkan kualitas kegiatan yang sasarannya untuk kepentingan masyarakat luas.

Jurubicara Fraksi Golkar AR. Yutinof, S.Pd, mengungkap fraksinya terus mendorong optimalisasi kegiatan pembangunan di berbagai aspek, dengan dorong tersebut, upaya evaluasi dalam rangka untuk terus berbenah, menjadi bagian tak terpisahkan dari tupoksi para anggota dewan dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari.

Hal senada diungkap jurubicaara Fraksi PPP Dr.Yopi Eka Anroni yang berharap, berbagai catatan, masukan dan koreksi yang disampaikan para anggota dewan, baik secara personal maupun melalui lembaga fraksi, diharapkan menjadi bahan kajian bersama untuk merealisasikan berbagai program Agam lebih maju yang didengungkan pemerintah.

Sementara menurut Epi Suardi, jubicara Fraksi PBB, Hanura, Berkarya, proses pembahasan ranperda PP-APBD 2022 melalui serangkaian tahapanberlangsung cukup alot dan,diharapkan tidak sekedar bagian koreksi yang disampaikan DPRD Agam, namun diharapkan menjadi bahan evaluasi untuk memaksimalkan kegiatan serupa yang akan dilakukan tahun-tahun berikutnya.

Perda PP-APBD 2022 Disahkan,
Bupati-Pimpinan DPRD Tandatangani MoU

Lubukbasung, kaba12 — Peraturan Daerah Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2022 yang disahkan DPRD Agam ditandai dengan kesepakatan bersama dalam penandatangan Memorandum of Understanding ( MoU) antara pihak eksekutif dengan legislative sesuai mekanisme yang ditetapkan.

Penandatangan MoU itu dilakukan Bupati Agam Dr.Andriwarman bersama ketua DPRD Agam Dr.Novi Irwan dan unsur pimpinan DPRD Agam lainnya masing-masing Suharman, Irfan Amran dan Marga Indra Putra dihadapan para anggota DPRD, unsur Forkopimda dan para kepala OPD Pemkab. Agam di ruang sidang utama DPRD Agam Senin, (17/7).

MoU pengesahan Perda PP-APBD 2022 itu, merupakan akhir pembahasan marathon yang dilakukan unsur pimpinan bersama anggota DPRD Agam bersama jajaran Pemkab.Agam, termasuk pembahasan secara khusus dan alot dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), jajaran Komisi DPRD Agan dan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Agam.

Seperti disebutkan Villa Erdi, Sekretaris DPRD Agam didampingi Hasneril, Pranata Humas DPRD Agam, yang menyebutkan, pembahasan Ranperda PP-APBD 2022 melalui proses yang cukup panjang sesuai mekanisme yang ditetapkan.

Diakui, proses pembahasan dengan berbagai masukan dan informasi yang disampaikan kedua lembaga, membuat proses diskusi berlangsung hangat dan a lot, namun seluruh mekanisme yang ada bisa dilalui dengan baik.

Disebutkan, setelah pembahasan, masing-masing fraksi di DPRD Agam, menyampaikan pandangan umum sebagai kata akhir dalam rapat paripurna, dimana seluruh fraksi di DPRD Agam menyatakan persetujuan dan pengesahan terhadap ranperda menjadi Perda PP-APBD 2022.

Walau demikian, dalam pandangan akhir fraksi beberapa catatan masih tetap disampaikan yang sasarannya untuk bahan evaluasi yang harus dilakukan bersama, untuk memaksimalkan hasil kegiatan yang sudah dilaksanakan Pemkab.Agam sepanjang tahun 2022 lalu.

Perda PP-APBD 2022 Disahkan,
Bupati Agam Sampaikan Terimakasih

Lubukbasung, kaba12 — Bupati Agam Dr.Andri warman, sampaikan ucapan terimakasih kepada unsur Pimpinan dan seluruh Anggota DPRD serta jajaran Sekretariat DPRD Agam yang telah melaksanakan seluruh rangkaian pembahasan rancangan peraturan daerah ( Ranperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD (PP-APBD) 2022 sebagai amanat peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Menurutnya, proses pembahasan Ranperda PP-APBD 2022 dengan segala dinamika yang muncul merupakan bagian dari semangat berdemokrasi, kebersamaan dan wujud kepedulian yang tinggi dari semua unsur yang terkait dalam proses pembahasan.

Pasalnya, laporan PP-APBD 2022 menjadi cerminan tingkat kinerja dan hasil kegiatan seluruh program dan kegiatan yang ada di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sudah dilaksanakan secara maksimal sesuai dengan tugas dan tanggungjawab yang diemban.

Disebutkan Bupati Agam, segala dinamika yang muncul dalam proses pembahasan PP-APBD 2022 diyakinkan akan menjadi catatan penting bagi pihaknya bersama jajaran OPD Pemkab.Agam.
Apalagi, ulas Dr.Andri warman bersama catatan, masukan dan koreski yang disampaikan justru sepenuhnya untuk mendorong optimalisasi seluruh kegiatan yang sudah dilaksanakan sesuai amanah yang dijabarkan dalam APBD 2022 tersebut.

“Kami minta seluruh kepala OPD dan jajarannya, agar terus bekerja keras, bahu membahu untuk mengoptimalkan pelaksanaan APBD tahun berjalan, dan tahun yang akan datang untuk mewujudkan demi Kabupaten Agam yang lebih maju,” harapnya.

Secara khusus Bupati Agam itu berharap, DPRD Agam terus memberi masukan dan dukungan pada Pemkab.Agam agar berbagai kegiatan yang tengah dilaksanakan bisa lebih optimal dilaksanakan di lapangan, sehingga manfaatnya untuk masyarakat bisa lebih maksimal.

-HARMEN-

To Top