Kaba Terkini

3 Narapidana Lapas Lubukbasung Dipindahkan ke LPKN Sawahlunto

Lubukbasung, kaba12.com — Sebanyak 3 orang narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Lubukbasung, Kabupaten Agam dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan Khusus Narkotika (LPKN) Sawahlunto, Rabu (3/8).

Pemindahan tersebut merupakan upaya pembinaan yang sesuai dengan bagi narapidana tersandung kasus narkotika.

Kepala Lapas Lubukbasung, Suroto menyebutkan, ketiga napi tersebut dipindahkan untuk menjalani program rehabilitasi di LPKN Sawahlunto, sebab di Lapas Lubukbasung sendiri tidak memiliki anggaran untuk program tersebut.

Ia menyebut, ketiga napi yang dipindahkan itu berinisial REP (pidana 5 tahun), IA (pidana 4 tahun), dan R (pidana 5 tahun).

“Pemindahan narapidana kategori pemakai ini juga didasarkan untuk faktor keamanan, sekaligus sebagai upaya memutus rantai peredaran narkoba,” ujarnya kepada KABA12.com, Kamis (4/8).

Suroto menambahkan, narapidana yang mengikuti program rehabilitasi itu nantinya dikirim kembali ke Lapas Lubukbasung jika telah selesai menjalani pembinaan.

Dijelaskan, rehabilitasi narkotika adalah cara untuk memulihkan pengguna agar terbebas dari ketergantungan narkotika dengan serangkaian upaya yang terkoordinasi dan terpadu, seperti upaya-upaya medik, bimbingan mental, psikososial, keagamaan, konseling, pendidikan kesehatan dan latihan vokasional untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri, kemandirian, dan menolong diri sendiri serta mencapai kemampuan fungsional sesuai dengan potensi yang dimiliki, baik fisik, mental, sosial, dan ekonomi.

Ia berharap, program rehabilitasi yang dijalani narapidana bisa diikuti dengan baik, sehingga nantinya bisa mencontohkan pembinaan yang didapat kepada narapidana lainnya.

“Harapannya kepada tiga orang napi yang menjalani rehabilitasi itu bisa mengikuti tahapan-tahapan pembinaan dengan baik dan mentransferkan ilmu yang didapat kepada napi lain, sehingga nantinya bisa menjadi pelopor anti narkoba,” jelasnya.

Selain itu pihaknya juga berkomitmen untuk mencegah dan memberantas peredaran narkoba dengan berbagai upaya seperti melakukan pengawasan secara ekstra hingga deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top