Kaba Pemko Bukittinggi

2000 Lebih Siswa Incar SMK Negeri 1 Bukittinggi

Bukittinggi, KABA12.com — 2000 orang lebih lulusan SMP dari berbagai daerah, incar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Bukittinggi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2017/2018.

Berbeda dari tahun sebelumnya, antusiasme siswa-siswi “menyemut” ke salah satu sekolah kejuruan favorit di Sumatera Barat ini.

Seperti yang diungkapkan Ketua PPDB SMKN 1 Bukittinggi, Syamsuardi pada KABA12.com, Rabu (14/06), peminat sekokah kejuruan ini meningkat dua kali lipat dari tahun ajaran sebelumnya.

“Alhamdulillah, peminat SMK Negeri 1 Bukittinggi sangat banyak, dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Lima hari pendaftaran, sudah 2.044 orang yang mendaftar baik dalam kota maupun luar kota, bahkan dari luar provinsi juga ada,” ucapnya bangga.

Syamsuardi mengatakan, PPDB SMKN 1 Bukittinggi tahun ini dibagi ke dalam tiga klasifikasi, dalam kota, luar kota dalam provinsi, dan luar provinsi.

Dari siswa dalam kota Bukittinggi sendiri terdapat 617 orang pendaftar, sedangkan luar kota dalam provinsi terdapat 1.358 siswa yang mendaftar. Sementara untuk luar provinsi ada 69 orang siswa yang mendaftar di 11 jurusan/kompetensi keahlian yang ada di SMK Negeri 1 Bukittinggi.

“Dari 2.044 orang pendaftar itu, Teknik Instalasi Tenaga Listrik jadi favorit siswa, ada 279 orang yang mendaftar. Setelah itu jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif dengan 271 orang pendaftar,” terang Wakil Kesiswaan SMK N 1 Bukittinggi itu.

Dijelaskan Syamsuardi, meski pengelolaan SMA/SMK sederajat telah beralih ke provinsi, namun SMKN 1 Bukittinggi tetap mempriorotaskan siswa-siswi pendaftar dari dalam kota Jam Gadang ini.

“Kita tetap prioritaskan siswa pendaftar dari dalam kota. Kita sudah sediakan 20 ruangan belajar, dan tidak ada biaya pendaftaran, uang sekolah dan pungutan lainnya, semuanya gratis dari pemerintah,” ujarnya.

(Jaswit)

To Top