Kaba Terkini

200 Hewan Ternak Warga Nagari Duo Koto Diberi Obat dan Vitamin

Duo Koto, KABA12.com — Sebanyak 200 ekor hewan ternak milik warga dan kelompok tani di Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam diberi obat dan vitamin guna menjaga kondisi kesehatan untuk mencegah penyakit.

Walinagari Duo Koto Joni Safri mengatakan, sebanyak 200 ekor hewan ternak itu terdiri atas jenis sapi dan kambing milik warga dan kelompok tani.

Ia menyebut, pengobatan dan pemberian vitamin hewan ternak secara massal itu merupakan yang pertama kali digelar di Nagari Duo Koto.

“Alhamdulillah, tahun ini kita mendapat bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Agam berupa pengobatan hewan ternak secara gratis. Melalui pengobatan ini diharapkan hewan ternak milik warga dan kelompok tani bisa lebih sehat dan terhindar dari penyakit,” ujarnya.

Joni menyebutkan, pengobatan yang dilakukan oleh petugas akan menyasar kepada seluruh hewan ternak yang ada di Duo Koto secara mobile.

“Selain memberikan obat cacing dan vitamin, petugas juga melakukan pemeriksaan terhadap reproduksi hewan ternak untuk memastikan kondisi kesehatannya,” katanya.

Ia mengakui, masyarakat Nagari Duo Koto sangat beruntung sekali terhadap kegiatan pengobatan, pemberian vitamin, dan pemeriksaan reproduksi hewan ternak itu, karena tidak seluruh nagari yang mendapat program bantuan ini.

“Ini merupakan yang pengobatan hewan ternak secara massal dan gratis yang dilaksanakan di Nagari Duo Koto. Oleh karena itu, masyarakat tentu sangat beruntung sekali karena tidak semua nagari di Agam yang mendapat program bantuan pengobatan ini,” katanya.

Disamping itu, pihaknya juga berharap agar pemerintah daerah bisa melaksanakan program Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO) di bidang pengolahan kotoran sapi agar nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Kami sangat berharap sekali untuk pengadaan program UPPO disini, karena sudah seharusnya Nagari Duo Koto memiliki program tersebut, apalagi potensi kotoran sapi yang akan diolah tersedia cukup banyak,” jelasnya.

Kegiatan pengobatan dan pemberian vitamin hewan ternak kali ini turut dihadiri langsung Wakil Bupati Agam Irwan Fikri, beserta jajaran Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Tanjung Raya, dan tamu undangan lainnya.

(Bryan)

To Top