Kaba Terkini

Wawako Pimpin Upacara Hari Guru

Bukittinggi, KABA12.com — Ribuan guru se kota Bukittinggi, ikuti upacara peringatan hari guru, di SMAN 1 Unggul Bukittinggi, Sabtu (25/11).

Upacara dipimpin Wakil Walikota, didampingi sejumlah kepala OPD di lingkungan pemerintah kota.

Setiap negara di dunia, memperingati hari guru pada waktu yang berbeda. Untuk Indonesia, sendiri telah disepakati bahwa hari guru nasional, diperingati setiap tanggal 25 November. Keputusan tersebut lahir sejak tahun 1994, berdasarkan Keppres Nomor 78 Tahun 1994 dan UU no 14 tahun 2005 yang diperingati bersamaan dengan ulang tahun PGRI yang tahun ini memasuki usia 72 tahun.

Saat upacara, Wakil Walikota Bukittinggi membacakan sambutan ketua umum pengurus besar PGR, Dr. Unifah Rosyidi.
Dalam sambutannya Irwandi menyampaikan peringatan hari guru merupakan salah satu bentuk penghargaan atas jasa para guru.
Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa, yang sangat mempengaruhi masa depan generasi penerus bangsa.

“Sejak lahirnya 100 hari setelah kemerdekaan RI, dengan dijiwai semangat proklamasi 17 Agustus 1945, PGRI berjuang mencerdaskan bangsa, mengisi kemerdekaan dalam kedaulatan NKRI dengan berperang melawan kebodohan. Di era digital ini, PGRI tentu siap melakukan transformasi perubahan sebagai kekuatan moral dan intelektual,” ujarnya.

Lebih lanjut Irwandi menjelaskan bahwa PGRI akan terus mejadi mitra strategis pemerintah dalam memajukan pendidikan dan menyelesaikan persoalan pendidikan dengan arif dan bijaksana, agar tercapai sinergi yang optimal untuk mencapai pendidikan nasional bermutu dan berbudaya.

“Kami atas nama pemerintah kota Bukittinggi dan atas nama pribadi, mngucaokan selamat hari guru dan selamat ulang tahun PGRI ke 72 tahun. Semoga pengabdian para guru memberikan makna bagi bangsa dan negara dan menjadi amal ibadah disisi Allah. Terima kasih guru,” ucapnya.

Sementara, ketua panitia HUT PGRI ke 72 kota Bukittinggi, Jamal Abdul Nasir menyampaikan di kota Wisata, terdapat 11 kegiatan yang dilaksanakan. Perlombaan tersebut dalam rangka mempererat silaturrahmi para guru di Bukittinggi.

“Diantara 11 kegiatan, lima diantaranya sudah kita laksanakan dan puncaknya upacara hari ini. Seluruh pemenang lomba diberikan penghargaan dan sejumlah hadiah,” ujarnya.

(Ophik)

To Top