Kaba Terkini

Waspadai Dampak Cuaca Buruk, Warga Dihimbau Optimalkan Mitigasi

Lubukbasung, kaba12.com — Masyarakat kabupaten Agam diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak cuaca buruk yang beberapa waktu belakangan melanda wilayah ini. Bahkan, hampir setiap hari, terutama saat sore, terjadi pola perubahan cuaca yang mendadak ekstrem yang kerap memicu musibah.

Informasi yang diperoleh kaba12.com, dampak cuaca buruk yang terjadi beberapa waktu belakangan selain menyebabkan banjir dan genangan air di berbagai lokasi, terutama kawasan yang menjadi sentral aktivitas masyarakat, juga kerap memicu pohon tumbang dan tanah longsor yang menyebab-kan ruas jalan tersekat, sehingga mengganggu akses transportasi warga.

Seperti halnya, dampak cuaca buruk jorong Kampuang Baruah, Nagari Sungai Landia, kecamatan IV Koto, Senin,(30/8), dampak hujan lebat menyebabkan pohon tumbang sehingga menutupi sebagian badan jalan.

Dampak lain, juga banyak terjadi di mayoritas wilayah kabupaten Agam, dampak hujan lebat, membuat ruas jalan, baik kabupaten maupun propinsi mengalami kerusakan cukup serius, baik di jalur utama kota Lubukbasung di sepanjang jalan Gajah Mada termasuk ruas jalan propinsi di Palembayan.

Kondisi itu, dibenarkan M.Lutfie, Kalaksa BPBD Agam yang menyebutkan, dampak curah hujan tinggi hampir setiap sore beberapa hari belakangan kerap memicu dampak terhadap aktivitas masyarakat termasuk memicu musibah di beberapa titik.

Terkait dengan perubahan pola cuaca dan mulai masuknya musim penghujan di akhir bulan Agustus ini, M.Lutfie, AR menghimbau masyarakat kabupaten Agam untuk meningkatkan kewaspadaan dengan mitigasi dalam mengurangi resiko yang berpotensi muncul.

Kalaksa BPBD Agam itu berharap, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi potensi dan risiko bencana, dengan mitigasi yang sudah disosialisasikan pihaknya bersama berbagai unsur terkait, bisa menekan dampak yang berpotensi dialami masyarakat.

“ Kami himbau masyarakat untuk selalu waspada, kurangi aktivitas di luar rumah jika cuaca buruk, hindari ruas jalan yang berpotensi longsor, serta informasikan segera jika terjadi musibah pada unsur terkait di jajaran Pemkab.Agam, “ sebut M.Lutfie lagi.

HARMEN

To Top