Kaba Terkini

Warga Minta Pemkab.Agam, Segera Bangun Fasilitas TPU Sungai Jariang

Lubukbasung, kaba12.com — Warga Nagari Persiapan Sungai Jariang Lubukbasung tuntut janji Pemkab.Agam untuk segera membantu berbagai fasilitas pendukung di kompleks tempat pemakaman umum (TPU) Kampuang Baru, Sungai Jariang.

Pasalnya, sejak TPU itu dibangun, janji Pemkab.Agam untuk membangun pagar pembatas, gerbang masuk, lampu penerang di kompleks itu dan berbagai sarana lain yang dijanjikan, hingga kini masih tidak terealisasi. Padahal, janji itu merupakan komitmen awal untuk mendapatkan persetujuan pembangunan TPU Kampung Baru tersebut.

Permintaan pembangunan berbagai sarana pendukung itu mengapung saat sosialisasi khusus yang dilakukan jajaran terkait Pemkab.Agam, yang dihadiri tim Dinsos Agam, Dinas Perkim Agam, Satpol PP-Damkar Agam, Dinkes Agam dan unsur terkait lain,menyusul mencuatnya keresahan masyarakat menyusul pemakaman jenazah warga yang terpapar covid-19 di areal TPU tersebut.

Kondisi itu diamini Meirizal, pj.walinagari persiapan Sungai Jariang Lubukbasung yang menyebut, tuntutan itu mencuat saat sosialisasi khusus yang digelar warga bersama jajaran terkait di Pemkab. Agam, “ hal itu langsung direspon unsur terkait Pemkab.Agam ,”ungkapnya.

Disebutkan Meirizal, fasilitas pendukung di areal pemakaman tersebut sangat dibutuhkan, terutama pagar dan lampu penerang, karena keberadaan makam yang gelap gulita, apalagi berada di kawasan perkampungan penduduk, justru mengundang “aura” tersendiri jika dibiarkan begitu saja.

“ Kami berharap, Pemkab.Agam bisa segera merealisasikannya, karena hal itu sudah semakin meresahkan warga, “ ungkapnya.

Terkait dengan permintaan masyarakat tersebut, menurut M.Ater Dt.Manambun, anggota DPRD Agam yang juga tokoh masyarakat setempat meyakinkan, pihaknya sudah menyampaikan hal itu pada unsur terkait,khususnya Dinsos Agam dan Dinas Perkim,yang diharapkan hal itu menjadi prioritas dalam kegiatan pembangunan pisik tahun 2022 mendatang.

“ Kami berharap, hal itu menjadi prioritas utama, karena sudah beberapa tahun terakhir tertunda akibat pandemic covid-19, “ ungkapnya.

Informasi yang diperoleh Kaba12.com, kebutuhan akan sarana yang memadai di kompleks TPU Kampuang Baru, Sungai Jariang itu sudah sangat mendesak, pasalnya, areal pemakaman umum yang sudah mulai banyak terisi makam itu, kini kerap mengundang cerita menyeramkan, karena areal TPU yang gelap dan tidak diberi pagar pembatas itu.

HARMEN

To Top