Kaba Tausyiah

Waktu Tidur Yang Dilarang Dalam Islam

  1. Tidur Setelah Subuh
    Rasulullah tidak tidur setelah Subuh. Waktu pagi hari adalah saat di mana keberkahan bisa kita raih. Rasulullah bersabda, “Ya Allah, berkahilah bagi umatku pada pagi harinya” (HR.Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban). Ibnul Qayyim menjelaskan bahwa tidur setelah Subuh hingga terbit matahari hukumnya makruh. Waktu tersebut adalah waktu yang sangat berharga untuk menjemput berkah. Di saat itulah rizki dan keberkahan dari Allah turun kepada hambaNya.
  2. Tidur di Waktu Dhuha
    Tidur saat Dhuha sebaiknya tidak dilakukan. Tidur di waktu ini membuat seseorang malas, kurang bertenaga, sehingga tidak bersemangat meraih kebaikan untuk dunia dan akhiratnya. Tidur di pagi hari juga akan memberikan dampak negatif bagi tubuh.
  3. Tidur di Waktu Ashar
    Umroh.com merangkum, waktu tidur ketika Ashar hingga menjelang maghrib adalah waktu tidur yang paling jelek dalam Islam. Para ulama menjelaskan bahwa kebiasaan tidur ini bisa membuat seseorang linglung, pusing, dan badan sakit. Bahkan sebagian ulama mengatakan bahwa orang yang suka tidur di waktu ini akan terganggu jiwanya (membuat kondisi jiwa memburuk), sehingga jangan mencaci selain dirinya sendiri.
  4. Tidur sebelum Isya’
    Diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim dari Abu Barzah, Rasulullah membenci tidur sebelum sholat Isya’ dan mengobrol setelahnya.
    Para ulama kemudian memakruhkan tidur sebelum Isya dan menyia-nyiakan waktu setelahnya. Tidur sebelum Isya’ hanya dibolehkan sebagian ulama khusus di bulan Ramadan saja. Dengan catatan tidurnya tidak sampai melewatkan waktu sholat.
  5. Tidur Setelah Makan
    Langsung tidur setelah makan adalah kebiasaan yang tidak pernah dilakukan Rasulullah. Ilmuwan masa kini menjelaskan bahwa langsung tidur setelah makan bisa membuat proses pencernaan makanan berjalan tidak lancar, sehingga tidak baik bagi kesehatan.
  6. Tidur Sepanjang Hari
    Manusia memang membutuhkan tidur untuk beristirahat. Namun, tidur berlebihan hingga sepanjang hari adalah hal yang dilarang. Para ulama menjelaskan bahwa terlalu banyak tidur bisa membuat hati menjadi mati, membuat tubuh menjadi lemas dan malas, serta tidak baik bagi kesehatan.

(sumber: umroh.com)

To Top