Kaba Terkini

Wabup Agam Minta TAPD dan OPD Lakukan Efisiensi Belanja

Lubuk Basung, KABA12.com — Wakil Bupati Agam meminta Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan pemkab Agam untuk melakukan efisiensi belanja.

Hal itu diungkapkan Trinda Farhan Satria usai rapat paripurna DPRD dengan agenda penyampaian nota penjelasan tentang rancangan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2017 di aula kantor BAPPEDA Agam Lubuk Basung, Rabu (09/08).

“Saya minta TAPD bersama seluruh OPD untuk melakukan efisiensi belanja dan meningkatkan kualitas kerja. Setiap anggaran yang dialokasikan harus digunakan untuk kegiatan dan program yang produktif dan mampu memberi nilai tambah, daya ungkit bagi kesejahteraan masyrakat, sesuai dengan agenda dan prioritas pembangunan tahun 2017,” ujarnya dengan tegas.

Ia menjelaskan, sesuai rancangan penerimaan daerah pada perubahan anggaran tahun 2017, pendapatan daerah direncanakan naik sebesar Rp 25,2 milyar lebih atau 1,82 persen menjadi Rp 1,4 triliyun lebih. Penerimaan pembiayaan daerah meningkat sebesar Rp 21,2 milyar lebih, atau 32,06 persen dari APBD awal, menjadi Rp 83,4 milyar lebih.

Sementara rancangan pengeluaran daerah pada perubahan anggaran tahun 2017, belanja daerah meningkat sebesar Rp 46,7 milyar lebih atau 3,2 persen dari APBD awal, menjadi Rp 1,5 triliyun lebih dan pengeluaran pembiayaan daerah direncanakan sebesar Rp 8,7 milyar, yang sebelumnya tidak dialokasikan pada APBD awal.

“Dari uraian itu, tergambar bahwa struktur APBD perubahan 2017 belum seimbang, sehingga masih dapat kekurangan sebesar Rp 8,9 milyar lebih. Konsekuensi langsung dari kekurangan itu akan berkurangnya belanja langsung di OPD. Untuk itu TAPD bersama seluruh OPD harus melakukan efisiensi belanja,” jelas Wabup Agam Trinda Farhan Satria.

(Jaswit)

To Top