Kaba Terkini

Update Kasus Covid-19 Agam, Tambah 78 Kasus Baru 52 Dari Lubukbasung

Lubukbasung, kaba12.com — Virus corona semakin mengganas di kabupaten Agam. Hal itu dibuktikan, dengan masih tingginya angka penambahan kasus terkonfirmasi positif baru dalam beberapa hari terakhir.

Seperti halnya Senin,(26/7) ini, terjadi penambahan 78 kasus terkonfirmasi baru, yang tragisnya 52 orang justru berasal dari kecamatan Lubukbasung, yang dalam 3 pekan terakhir terlihat mendominasi penambahan kasus positif di kabupaten Agam.

Kondisi itu dibenarkan Yosefriawan, plt.Kadinas Kesehatan Agam yang menyebutkan, Senin ini terjadi penambahan 78 kasus positif baru, 11 pasien sembuh dan 2 warga meninggal dunia akibat keganasan virus corona.

Dijelaskan, penambahan 78 kasus terkonfirmasi positif baruitu, mayoritas berasal dari kecamatan Lubukbasung sebanyak 52 orang, dari kecamatan Tilatang Kamang 10 kasus, kecamatan Banuhampu 4 kasus, dari kecamatan IV Angek 3 kasus, kecamatan Tanjung Raya 2 kasus, dari kecamatan Ampek Nagari 2 kasus, kemudian penambahan masing-masing 1 kasus terjadi di kecamatan Matur, IV Koto, Baso, Kamang Magek dan Palupuah.

Penambahan kasus terkonfirmasi baru itu, di kabupaten Agam tercatat sebanyak 1.416 orang kasus aktif, dengan 177 kasus kontak erat dan 83 suspek yang masih dalam pemantauan, “ dari total 1.416 kasus aktif, 91 orang tengah menjalani perawatan di rumah sakit rujukan dan 1.325 orang menjalani isolasi mandiri, “ jelas Yosefriawan.

Asisten II Sekab.Agam itu menambahkan, jumlah pasien sembuh Senin ini, relative kecil, hanya 11 orang, sehingga total pasien sembuh dari paparan covid-19 mencapai 3.977 orang,” persentase sembuh masih sangat rendah,”sebut Yosefriawan.

Sementara hari ini, di kabupaten Agam juga mencatatkan penambahan 2 warga yang meninggal dunia akibat keganasan virus corona masing-masing 1 orang dari kecamatan Lubukbasung dan 1 orang dari kecamatan Tanjung Raya, sehingga hingga saat ini, tercatat sebanyak 138 orang warga Agam meninggal akibat pandemic itu.

Yosefriawan menjelaskan, hingga Senin ini, akumulasi total kasus covid-19 di kabupaten Agam mencapai 5.531 orang, dengan rincian 3.977 orang sudah dinyatakan sembuh, 138 orang meninggal dunia dan 1.416 dalam penanganan medis.

Masih tingginya penambahan kasus positif di kabupaten Agam, diakui Yosefriawan, membutuhkan peran optimal dari seluruh komponen masyarakat, terutama dalam menjalankan konsep 5 M dalama aktivitas harian, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menjauhi kerumuman, dan menjaga imun tubuh agar selalu kuat untuk memutus rantai penyebaran covid-19.

HARMEN

To Top