Kaba Terkini

Tradisi ” Mandabiah” di Tiku 71 Ekor Sapi dan Kerbau Disembelih

Tiku, kaba12.com — Tradisi ” mandabiah” jelang lebaran di Tiku kecamatan Tanjung Mutiara, sehari jelang hari raya semarak.

Walau jumlah hewan yang dipotong cenderung turun dibanding tahun-tahun sebelumnya, namun semarak tradisi perdagangan daging yang sudah sejak turun-menurun dilakukan di wilayah itu tetap ramai.

Bahkan dikompleks pasar Tiku, sejak Senin tadi malam hingga Selasa subuh, pemotongan ternak sapi dan kerbau masih dilakukan , seiring estimasi kebutuhan konsumsi daging masyarakat.

Menurut Kasi.PMN Tanjung Mutiara Weri Ikhwan, yang memantau perdagangan daging jelang lebaran di Tiku, hingga Selasa pagi tercatat sebanyak 71 ekor sapi dan kerbau dipotong di Pasar Tiku, dan daging potongnya nyaris habis dan jumlah hewan yang dipotong akan bertambah.

Ditambahkan Weri Ikhwan, harga jual para relatif stabil dengan kisaran harga Rp.120.000/kilogram- Rp.130.000/kilogram, jenis daging padat.

Untuk daging pacah Rp.70.000/kg – Rp.80.000/kg. harga satu tulang kaki dijual berkisar Rp.150.000-Rp.200.000/kaki, tergantung besar kaki yang besar kaki.

Disebutkan Weri Ikhwan, penjualan harga daging di wilayah tersebut, relatif stabil hingga siang ini, dibuktikan harga jual daging per kg masih dalam kisaran Rp.120.000-130.000.
HARMEN

To Top