Kaba Terkini

Tips Menjaga Data Pribadi Saat Menggunakan Ponsel

Tekno,KABA12.com  — Selain berfungsi untuk berbicara dengan orang lain dan mengirim pesan singkat, ponsel merupakan alat yang digunakan pengguna untuk menyimpan data pribadi.

Seperti yang dilansir okezone.com, ada beberapa langkah atau tips untuk menjaga data pribadi saat menggunakan ponsel, yakni :

  1. Matikan Fitur Location

Saat tidak digunakan, sebaiknya matikan fitur location dengan menonaktifkan GPS. Terkadang pengguna tidak sadar GPS dalam keadaan aktif, sehingga saat berada di lokasi tertentu, aplikasi dalam ponsel bisa mengetahui keberadaan pengguna.

  1. Kunci Layar

Dalam ponsel atau smartphone terdapat fitur lockscreen. Fitur keamanan ini berguna agar tidak ada orang asing yang bisa mengakses ponsel Anda dengan bebas. Untuk membuka lockscreen, tentu saja hanya pengguna atau pemilik ponsel yang mengetahui kunci tersebut.

  1. Hindari Aplikasi Asing

Beberapa aplikasi yang beredar mungkin berbahaya karena menyimpan malware sebagai alat untuk mencuri data pribadi pengguna. Hindari instal aplikasi dari sumber yang tidak dipercaya.

  1. Jaga Keamanan Akun

Pengguna perlu melakukan log out setelah menggunakan layanan media sosial seperti Facebook di perangkat milik orang lain. Dengan demikian, mencegah orang lain melakukan tindakan usil bila kebetulan dapat mengakses akun Anda.

(Tim Liputan)

To Top