Kaba Terkini

Tinjau Longsor di Nagari Tanjung Sani, Bupati Agam Segera Carikan Solusi Jangka Panjang

Tanjung Sani, KABA12.com — Bupati Agam Andri Warman meninjau lokasi bencana longsor yang terjadi di Jorong Pantas, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sabtu (18/12).

Dalam kesempatan itu, Bupati Andri Warman mengaku prihatin dengan bencana alam yang terjadi akibat cuaca hujan lebat.

Bupati mengatakan, pihaknya akan segera mencarikan solusi jangka panjang dalam mengatasi dan menanggulangi bencana khususnya di Nagari Tanjung Sani.

“Kita secepatnya akan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi untuk mencari solusi jangka panjang dalam mengatasi bencana. Untuk jangka pendeknya, material longsor harus dibersihkan dulu agar akses masyarakat bisa kembali normal,” ujar Bupati Andri Warman didampingi Kalaksa BPBD Agam M Luthfi dan Camat Tanjung Raya Handria Asmi kepada wartawan, Sabtu.

Ia menambahkan, Pemkab Agam juga bakal menurunkan dua alat berat ke lokasi untuk melakukan pembersihan material longsor.

“Hari ini kita turunkan dua unit alat berat jenis excavator dan loader ke lokasi untuk melakukan pembersihan. Kita harapkan upaya penanganan dan pembersihan ini segera tuntas secepatnya,” katanya.

Selain pembersihan material longsor, kata dia, alat berat juga akan melakukan normalisasi sungai agar bencana tersebut tidak terulang kembali.

“Kita akan lakukan langkah-langkah lain dalam mengatasi bencana di Nagari Tanjung Sani, misalnya normalisasi sungai, merelokasi warga ke Dama Gadang, dan upaya lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Tanjung Raya Handria Asmi mengatakan, bencana longsor di Nagari Tanjung Sani terjadi di 4 titik lokasi berbeda, diantaranya 1 titik di Jorong Pantas, dan 3 titik di Jorong Muko Jalan.

Ia menyebut, longsor itu terjadi akibat cuaca hujan lebat yang mengguyur sejak Jum’at malam kemarin.

Kondisi terkini, kata Handria, akses jalan lingkar Danau Maninjau masih putus akibat badan jalan tertimbun longsor dengan tinggi bervariasi mulai dari 2 hingga 4 meter. Selain itu, longsor juga menyebabkan 3 unit rumah warga terdampak dengan kerusakan ringan hingga sedang.

“Akses jalan saat ini masih putus. Untuk pembersihan kemungkinan akan dilanjutkan pada Minggu (19/12) pagi dengan alat berat,” jelasnya.

(Bryan)

To Top