Kaba Terkini

Tim Gabungan Sukses Padamkan Api, Warga Diminta Tidak Bakar Lahan

Palembayan, kaba12.com — Setelah berjibaku lebih dari 2 jam, akhirnya tim gabungan yang diterjunkan memadamkan kobaran api yang membakar lahan warga di jorong Tapian Kandih, nagari persiapan Silareh Aia Barar, kecamatan Palembayan berhasil memadamkan api dan mengisolasi penyebaran kebakaran.

Bahkan, tim gabungan yang berjumlah 24 orang dari berbagai unsur, dipimpin langsung Kasat.Pol.PP- Damkar Agam Kurniawan Syahputra, dengan cara manual berhasil menyisir dan memadamkan api yang tengah membesar.

Informasi yang diperoleh kaba12.com, kebakaran lahan di Jorong Tapian Kandih, Nagari Persiapan Salareh Aia Barat, Kecamatan Palambayan, di areal seluas 1,5 hektar yang merupakan lahan baru.

Data yang diperoleh kaba12.com dari Lukman Syahputra, staf Pusdal. Ops.BPBD Agam, lahan baru yang dibuka dengan sistim membakar itu merupakan milik Amin,(70), yang tengah membuka lahan baru, kemudian sisa material dibakar.

Diduga karena angin kencang, menyebabkan api bertambah besar, dan merambat ke sisa-sisa penebangan yang berada di kawasan itu.

Sementara menurut Kasat Pol.PP-Damkar Agam Kurniawan Syahputra, yang memimpin operasi pemadaman kebakaran lahan di lokasi kejadian menyebutkan, kendala di lapangan saat proses pemadaman api terutama sulitnya akses menuju lokasi kejadian, tidak ada sumber air dilokasi kejadian dan lokasi jauh dari permukiman.

Dijelaskan Kurniawan Syahputra, untuk proses pemadaman terpaksa dilakukan secara manual oleh 24 personil gabungan masing-masing 10 personil Rescue Damkar-Pol PP, 10 personil Satgas BPBD Agam, dan 4 orang personil Polsek Palembayan dibantu masyarakat.

Ditambahkan Kasat Pol PP-Damkar Agam, saat ini api sudah berhasil dipadamkan, namun kawasan pebukitan Agam termasuk lokasi yang terbakar di Palembayan masih dalam pemantauan.

” Kita himbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakara lahan pertanian karena saat ini kondisi cuaca panas dan sangat mudah terjadi kebakaran, kami minta masyarakat ikut menjaga hal itu, ” tegas Kurniawan Syahputra.

Kasus kebakaran lahan di Silareh Aia, Palembayan tersebut, merupakan kebakaran lahan ketiga sejak Senin kemarin sehingga jajaran Damkar-Pol PP Agam bersama unsur Rescue Agam lainnya diinstruksikan untuk siaga.

HARMEN

To Top