Kaba Terkini

Tiga Sungai Di Koto Gadang Maninjau Direvitalisasi

Maninjau, KABA12.com — Proyek revitalisasi di tiga titik sungai di Nagari Koto Gadang, Kecamatan Tanjung Raya kabupaten Agam sudah dimulai.

Wali Nagari Koto Gadang H.Yunnes,N mengatakan, ketiga titik sungai itu yaitunya, sungai Jawih, sungai Ampang dan sungai Batang Kurambik.

“Dilakukan revitalisasi ditiga titik sungai ini, agar dapat mengurangi pengikisan terhadap lahan pertanian masyarakat. Pasalnya sungai ini semua berada di pertengahan sawah masyarakat di Nagari Koto Gadang. Selama ini yang menjadi kekhawatiran masyarakat, apa bila terjadi musim hujan, air sungai ini sangat besar, sehingga terjadi pengerusan terhadap sawah warga,” ujarnya.

Dikatakan H.Yunnes, proyek ini juga sangat mendukung terhadap Save Maninjau.

“Kalau sungai ini sudah di revitalisasi, maka masyarakat di sepanjang sungai ini, tidak lagi membuang sampah kedalam sungai. Sehingga dengan sendirinya Danau Maninjau akan bersih dari sampah sampah rumah tangga dan jerami yang dibuang masyarakat petani,”sebutnya.

Lebih jauh walinagari mengatakan, dengan adanya proyek revitalisasi ini, untuk sementara juga dapat mengurangi angka pengangguran di Nagari Koto Malintang. Pasalnya proyek ini dikerjakan selama lebih kurang delapan bulan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan tata ruang (PUTR) Yunaldi melalui Pengawas Daerah Kabupaten Agam Yandri Antoni menyebutkan, dari tiga titik sungai tersebut baru dua titik yang bisa dimulai dan satu lagi yakni sungai Jawih belum bisa dikerjakan oleh pihak Perusahaan, karena adanya proyek pemerintah Kabupaten Agam yang terkena akibat pekerjaan ini.

“Untuk itu kita harus melaporkan kepada Bupati Agam Indra Catri melalui Dinas terkait yakni DPMN Agam. Kalau untuk masyarakat ,semua sudah mendapat dukungan, tinggal lagi kita sedang menunggu surat dari Dinas Balai wilayah Sungai Sumatra V di Padang,” tambahnya.

Dikatakan Yandri, proyek revitalisasi ini di biayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2019.

(Ardi)

To Top