News Lokal

TdS 2018, Pebalap Asal Australia Juarai Etape 3 Solok-Tanahdatar

Tanahdatar, KABA12.com — Pebalap asal Australia, Jesse Ewart Berha yang berangkat dari tim negara Malysia, berhasil mencapai garis finsih etape 3 Tour de Singkarak di depan Istano Basa Pagaruyung, Selasa (06/11).

Kemudian menyusul diposisi kedua Bustamante Parra dari tim Cina dan pembalap Marcelo Felipe dari team Philipina diposisi ketiga.

Para pebalap tersebut berhasil melewati lintasan sepanjang 150,4 kilo meter dari mulai start di dermaga danau Singkarak Kabupaten Solok hingga finish di depan Istano Basa Pagaruyung Tanahdatar.

Sebelum mencapai garis finisih, pembalap yang tinggal 95 orang dari peserta awal 103 orang, mengelilingi danau Singkarak dan melanjutkan rute ke Batipuah, Pasar Paninggahan, Malalo, Batipuah dan kota budaya Batusangkar.

Bupati Tanahdatara, Urdinansyah Tarmizi mengatakan, TdS 2018 bagi Kabupaten Tanahdatar menjadi sangat istimewa. Ibarat pinang pulang ka tampuak, Danau Singkarak yang jadi kebanggaan itu, dikitari dua kali.

Begitu pula dengan Istano Basa Pagaruyuang, sebelum finish, mereka juga mengitarinya tiga kali. Serta Ada empat stage yang melintasi wilayah Kabupaten Tanahdatar, yakni etape 1, 3, 6, dan 7.

“Khusus Danau Singkarak, terutama pada kawasan Kecamatan Batipuah Selatan, ini merupakan kali kedua dijejaki para pebalap sejak event ini dilaksanakan 10 tahun lalu. Setelah itu, daerah pantai barat Danau Singkarak tersebut sepi dari semaraknya TdS hingga tahun 2018 ini,” ujarnya.

Irdinansyah Tarmizi pun mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kementerian Pariwisata RI dan Gubernur Sumatera Barat yang menerima saran pemerintah Kabupaten Tanahdatar.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Kementerian Pariwisata RI dan Gubernur Sumatera Barat bahwa setiap tahun sebelumnya kita selalu sarankan untuk TdS agar satu atau dua putaran mengitari danau Singakarak, masuk ke Malalo kemudian Saniangbaka dan seterusnya, Alhamdulillah permintaan kita tersebut sudah dikabulkan,” ungkapnya.

Pada momen itu, Bupati Tanahdatar secara langsung memasangkan yellow jersey dan menyerahkan hadiah Rp. 6.000.000,- pada Jesse Ewart Berha sebagai juara I pada stage tersebut.

(Jaswit)

To Top