Kaba Terkini

Suasana Haru Iringi Keberangkatan CJH Bukittinggi

Bukittinggi, KABA12.com — 267 calon Jemaah Haji (CJH) Bukittinggi berangkat menuju embarksi Padang, Jumat (04/08). Para tamu Allah tersebut dilepas oleh Walikota, Wakil Walikota, Kakan Kemenag, sejumlah Kepala OPD dan ribuan keluarga para jemaah, di jalan Sudirman samping Badan Keuangan Bukittinggi.

Kepala Kantor Kementrian Agama Bukittinggi, Abrar Munanda menjelaskan, CJH Bukittinggi, tergabung dalam kloter 7 embarkasi Padang gelombang 1 bersama dengan jemaah Bengkulu dan Padang. Dari 296 cjh yang dilepas secara resmi sebelumnya, 29 jemaah terpaksa tertunda keberangkatan karena 23 orang belum keluar visa dan 6 (enam) lainnya merupakan keluarga pendamping dari yang tertunda itu.

“Hari ini jemaah calon haji dari Bukittinggi yang berjumlah 267 orang masuk asrama haji Padang, berangkat dengan delapan bus, untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan terakhir, penyerahan passport, identitas diri, kemudian dilepas secara resmi oleh pemerintah provinsi. Para CJH berangkat menuju Madinah Sabtu 5 Agustus sekitar 03.00 WIB. Terkait jemaah yang tertunda, InsyaAllah setelah visa keluar, akan dimasukkan dalam kloter selanjutnya dan diprediksi berada bergabung pada kloter 17,” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias berpesan agar para calon jemaah haji untuk dapat menjaga kesehatan, kekompakan dan memaksimalkan ibadah selama berada di tanah suci.

“Ikhlaskan niat untuk beribadah menunaikan rukun Islam kelima. Kita doakan amal ibadah para jemaah diterima Allah SWT dan mendapat haji yang mabrur. Kami pun menitipkan doa untuk keluarga dan seluruh masyarakat Bukittinggi,” ucapnya saat melepas keberangkatan Jumat pagi itu.

Diinformasikan, calon cemaah haji Bukittinggi berjumlah 267 orang, terdiri dari 113 jemaah laki-laki dan 154 jemaah perempuan. Jemaah termuda atas nama Siti Syarah Neldi dengan umur 21 tahun. Dan jemaah tertua atas nama Muchtar Koto Nurdin denhan usia 81 tahun.

Saat di Madinah, jemaah Bukittinggi menginap di daerah Markaziyah, sedangkan di Mekkah, CJH menginap di Azziziyah sektor 4, tepatnya di hotel Al Hasymiyah AlAziziyah dengan nomor hotel 402.

Keberangkatan jemaah haji dilepas dengan haru oleh pihak keluarga. Berlinang air mata, lambaian tangan pun menjadi pemisah sementara para jemaah dengan sanak famili untuk menunaikan ibadah ke tanah suci Makkatul Mukarramah.

(Ophik)

To Top