Kaba Pemko Bukittinggi

Study Best Practice, Wartawan Bukittinggi Kunjungi Dinas Kominfo Medan

Medan, KABA12.com — Puluhan wartawan Kota Bukittinggi yang tergabung dengan sejumlah organisasi jurnalis melakukan kunjungan study best practice ke kantor Dinas Kominfo Medan, Sumatera Utara, Kamis (1/12).

Kedatangan rombongan wartawan yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Bukittinggi Erwin Umar disambut oleh Kepala Dinas Kominfo Kota Medan, Arrahman Pane didampingi Ketua PWI Sumatera Utara, Ferianda Putra Sinik.

Kepala Dinas Kominfo Medan, Arrahman Pane dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada rombongan wartawan bersama Dinas Kominfo Bukittinggi yang mengunjungi Kota Medan dalam rangka study best practice tahun 2022.

Dalam kesempatan itu, ia menyebut bahwa pemerintah kota bekerjasama dengan 200 wartawan dari berbagai media massa termasuk media nasional. Guna mendukung itu, pihaknya menganggarkan dana sebanyak Rp 10 miliar untuk kerjasama dengan media massa.

“Mengingat Kota Medan ini merupakan kota besar makanya kita anggarkan sebanyak Rp 10 miliar, sesuai kebutuhannya juga,” katanya.

Lebih lanjut disebutkan, bahwa tahun ini Dinas Kominfo Medan sudah menggelar uji kompetensi wartawan (UKW) kepada puluhan wartawan. Saat ini terdapat 25 orang wartawan yang belum
mengikuti UKW.

“Meski demikian, kita akan menggelar UKW lagi agar wartawan Kota Medan terverifikasi, sehingga bisa lebih profesional menjalan tugas,” ujarnya.

Ketua PWI Sumatera Utara, Ferianda Putra Sinik mengucapkan terimakasih kepada rombongan wartawan dan Dinas Kominfo Bukittinggi atas kunjungannya ke Kota Medan.

Selain itu, ia juga menyampaikan terimakasih kepada Dinas Kominfo yang sudah menggelar UKW bagi wartawan yang ada di masing-masing daerah di Sumatera Utara.

“Salah satu program utama PWI Sumut bagi wartawan adalah melakukan UKW. Bahkan Sumut menjadi provinsi kedua di Indonesia yang paling banyak menggelar UKW bagi para jurnalis,” sebutnya.

Ia menyebut, bahwa Kota Medan nantinya akan menjadi tuan rumah pada pelaksanaan Hari Pers Nasional tahun 2023. Untuk itu pihaknya mengundang wartawan Bukittinggi untuk datang kembali ke Kota Medan dalam rangka menghadiri HPN pada tanggal 6 – 9 Februari 2023.

“Semoga rekan-rekan wartawan memiliki kesempatan untuk datang ke Kota Medan dalam rangka menghadiri HPN tahun depan,” kata Ketua PWI Sumut berdarah Minang itu.

Sementara Kepala Dinas Kominfo Bukittinggi, Erwin Umar mengatakan, ada banyak hal yang dipelajari di Kota Medan dalam study best practice ini, terutama dalam bentuk kerjasama media dengan pemerintah daerah dan sinkronisasi pemberitaan.

“Kita juga tentunya mengapresiasi Diskominfo Medan yang mampu memberikan pencerahan pada masyarakat melalui media. Meskipun banyak kritisi, namun disampaikan atau diberitakan dengan santun dan baik. Ini tentu tidak terlepas juga dari peran PWI yang dekat dengan pemerintah daerah,” katanya.

Erwin mengharapkan, wartawan Bukittinggi dapat mengambil hal baik di Kota Medan sehingga bisa diterapkan di Bukittinggi.

“Kita harapkan rekan-rekan wartawan mengambil hal positif disini supaya nantinya di adaptasikan di Bukittinggi,” jelasnya.

Ketua PWI Bukittinggi, Anasrul mengatakan, kegiatan study best practice merupakan agenda rutin yang dilakukan wartawan bersama Dinas Kominfo Bukittinggi selama tiga tahun terakhir.
Untuk tahun ini sebanyak 58 orang wartawan mengikuti kegiatan tersebut ke Kota Medan.

Ia menyebutkan, pihaknya juga menjalin sinergi dengan pemerintah daerah sebagai mitra kerja.
Selain itu, pada tahun lalu pihaknya bersama Dinas Kominfo Bukittinggi mengggelar UKW bagi 25 orang wartawan.

Anasrul juga menyampaikan, meski pimpinan PWI Sumbar sedang mengalami suatu persoalan, tetapi roda organisasi masih tetap berjalan yang di komandoi oleh seorang pelaksana tugas (Plt).

Disamping itu, ia menyebut bahwa PWI Bukittinggi akan melakukan konferensi pada tahun depan.

“Tahun depan PWI Bukittinggi akan melakukan konferensi pemilihan pengurus baru. Ada beberapa orang wartawan yang akan mencalonkan diri sebagai ketua PWI Bukittinggi nantinya,” jelasnya.

(Bryan)

To Top