Kaba Terkini

SMPN 2 Tanjung Raya Gelar Sertijab Kepala Sekolah

Koto Kaciak, KABA12.com — Jajaran SMPN 2 Tanjung Raya, Kabupaten Agam menggelar acara serah terima jabatan (Sertijab) kepala sekolah lama dengan yang baru, Selasa (16/11).

Acara sertijab yang berlangsung di ruangan kelas sekolah setempat itu dihadiri Kabid Pembinaan SMP Disdikbud Agam Firzal, Walinagari Koto Kaciak Syawaldi, Ketua KAN, ketua komite sekolah, tokoh masyarakat, majelis guru, dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, jabatan kepala SMPN 2 Tanjung Raya lama dari Yenita Witri Anis, M.Pd diamanahkan kepada kepala sekolah baru Sulastri, S.Pd yang sebelumnya menjabat sebagai wakil kepala bidang kurikulum SMPN 6 Lubukbasung.

Sementara kepala SMPN 2 Tanjung Raya yang lama Yenita Witri Anis dimutasi menjadi kepala SMPN 1 Matur.

Kepala SMPN 2 Tanjung Raya yang lama Yenita Witri Anis dalam sambutannya mengatakan, promosi dan mutasi bagi kalangan aparatur sipil negara (ASN) merupakan hal biasa dalam rangka peningkatan kinerja pegawai khususnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Agam.

Ia menyebut, dirinya telah mengabdi sebagai kepala SMPN 2 Tanjung Raya selama 2 tahun 1 bulan. Pada Jum’at, 29 Oktober 2021 lalu, ia bersama 158 kepala sekolah lainnya mengikuti acara sumpah jabatan dalam rangka promosi dan mutasi kalangan ASN di Balairung Rang Agam, Lubukbasung.

“Rasanya sangat singkat sekali saya bertugas di SMPN 2 Tanjung Raya ini. Apalagi baru sekitar 5 bulan menjabat sebagai kepala sekolah, wabah pandemi Covid-19 datang melanda sehingga pada saat itu pemerintah mengeluarkan kebijakan bahwa pembelajaran tatap muka di sekolah ditiadakan dan diganti dengan belajar mengajar secara daring,” ungkapnya.

Ia mengatakan, selama 2 tahun bertugas di sekolah yang berada di Jorong Pasar Raba’a Nagari Koto Kaciak ini tidak banyak mendapatkan prestasi.

Namun salah satu prestasi yang didapat dan menjadi kebanggaan sekolah adalah meraih juara pertama dalam ajang perlombaan bola voli tingkat Sumbar, Riau, dan Jambi.

Disamping itu, dia meyakini di tangan kepala sekolah yang baru, SMPN 2 Tanjung Raya akan terus menjadi sekolah terbaik yang membanggakan melalui prestasi yang didapat.

“Saya yakin pada masa kepemimpinan ibu Sulastri, sekolah yang memiliki jumlah murid sebanyak 172 orang ini akan menjadi lebih baik kedepannya dan membanggakan,” katanya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran majelis guru, pegawai, pengurus komite, dan tokoh masyarakat yang telah berkolaborasi dalam menjalankan tugas.

Sementara itu, Kepala SMPN 2 Tanjung Raya yang baru Sulastri juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam yang telah mempercayainya untuk menjadi pemimpin di sekolah tersebut.

“Ini merupakan sebuah kebahagiaan bagi saya karena bisa bergabung dengan keluarga besar SMPN 2 Tanjung Raya,” ujarnya.

Sulastri menyebutkan, dirinya sudah mengabdi sekitar 20 tahun di SMPN 6 Lubukbasung sebagai guru mata pelajaran Bahasa Inggris. Selain guru, ia juga diamanahkan menjadi pembina OSIS, wakil kepala bidang kesiswaan, dan wakil kepala kurikulum di SMP yang berada di Nagari Garagahan tersebut.

“Mudah mudahan dengan sedikit pengalaman itu saya berniat untuk memajukan sekolah ini menjadi sekolah yang berkarakter, bercitra positif, serta mengedepankan visi misi sekolah,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga meminta kepada pengurus komite sekolah agar dapat menjalankan tugas secara maksimal dalam memberikan keseimbangan, dukungan, dan menjadi mediator pada segala kebijakan yang akan diambil.

“Sebagai kepala sekolah yang baru saya punya semangat dan cita-cita untuk terus memajukan sekolah ini. Saya akan terus mengeksplor seluruh potensi diri dan potensi SMPN 2 Tanjung Raya yang nantinya disatukan dalam manajemen yang baik,” jelasnya.

Kabid Pembinaan SMP Disdikbud Agam Firzal mengucapkan selamat kepada kedua kepala sekolah yang mendapat amanah jabatan yang baru. Firzal meminta agar kepala sekolah tersebut dapat melanjutkan dan meningkatkan program pemimpin sebelumnya demi mewujudkan sekolah yang unggul, berprestasi dan membanggakan.

“Semoga dengan kepala sekolah yang baru bisa menjadi pemimpin yang amanah, bijaksana, dan profesional dalam menjalankan tugas sehingga mampu membawa sekolah ke arah yang lebih baik lagi,” katanya.

(Bryan)

To Top