SMKN 2 LUBAS

SMKN 2 Lubukbasung Selaraskan Bahan Ajar, PT.PLN UIW Sumbar Mengajar di Kelas Industri

Lubukbasung, kaba12.com — Upaya mendorong optimalnya program SMK Pusat Keunggulan, SMKN 2 Lubukbasung selaraskan program pembelajaran dengan kalangan dunia usaha, terutama untuk penyelarasan kurikulum dan bahan ajar.

Program penyelarasan itu sudah digelar, Rabu,(7/9) kemarin, dengan tim pengajar khusus dari PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Barat. Saat ini, SMKN 2 Lubukbasung sudah bersepakat untuk menyelaraskan kurikulum dan bahan ajar untuk para siswa, khususnya di kelas industri.

Seperti dijelaskan Drs.Azwar, Wakil Kepala Bidang Humas SMKN 2 Lubukbasung yang menyebutkan, penyelarasan kurikulum dan bahan ajar itu menjadi kebutuhan mendesak, sebagai bagian dari tindak lanjut kerjasama yang sudah dirilis sebelumnya, salah satunya dalam penyiapan ilmu dan pengetahuan terkait hal-hal tekhnis dibidang industri.

Dijelaskan Azwar, khusus dari PT. PLN (persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Barat, yang langsung terjun memberikan materi di kelas industry SMKN 2 Lubukbasung Rabu kemarin, masing-masing Yenti Elfina Manager Komuikasi & TJSL, Manager PT. PLN (persero) UP3 Bukittingi Zulhamdi, Manager PT. PLN (persero) ULP Lubukbasung Gatot Catur.

Sementara dari SMKN 2 Lubukbasung dihadiri Plt. Kepala SMKN 2 Lubukbasung Daflis Eka Putra, Azwar Wakil Kepala Bidang Humas, Desnawati, SP Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Heppy Yendri, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Rizki Manurung, Ketua Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan dan seluruh staf pengajar di jurusan Teknik Ketenagalistrikan.

Ditambahkan, salah satu program link and match tersebut yaitu penyelarasan kurikulum bersama PLN dan SMKN 2 Lubukbasung sebagai upaya menyesuaikan kurikulum SMKN 2 Lubukbasung Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan meliputi kompetensi dan budaya kerja yang berlaku di PT. PLN.

Disebutkan Azwar, tujuan penyelarasan kurikulum itu, agar kurikulum SMKN 2 Lubukbasung sesuai tuntutan dan budaya kerja yang berlaku di dunia usaha dan industri, sehingga lulusan SMKN 2 Lubukbasung memiliki kompetensi dan etos kerja yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri.

Direncanakan, di SMKN 2 Lubukbasung akan dibentuk kelas khusus yang diproyeksikan selaras dengan tuntutan dunia usaha masing-masing di Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan akan dibentuk Kelas Industri PLN dan Kelas Industri Pansonic, yang akan direalisasikan tahun pelajaran baru setelah Kelas X naik ke kelas XI.

“ Nanti para siswa akan diseleksi untuk ditempatkan di Kelas Industri PLN dan di Kelas Industri Panasinic. Kita optimis, langkah ini akan menjadi salah satu solusi untuk melahirkan lulusan terbaik, dan siap pakai di dunia usaha dan industry sesuai tuntutan perkembangan tekhnologi saat ini, “ ungkap Rizki Manurung Ketua Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan.

HARMEN

To Top