Kaba Terkini

Skor Indeks Agam Masuk 5 Besar Nasional di IGA 2019

Lubukbasung, KABA12.com — Kabid Pengembangan Inovasi BPP Kemendagri, Saydiman Marto mengatakan Agam adalah kabupaten dengan nilai indeks tertinggi di luar pulau jawa, dengan peningkatakan skor sangat signifikan dibanding tahun lalu.

Hal itu ia ungkapkan melakukan validasi terhadap 133 inovasi yang diterapkan Pemerintah Kabupaten Agam, Kamis (12/9) di aula Bappeda Agam.

“Pada 2018 skor indeks Agam hanya 5.070 dan tahun ini meningkat menjadi 36.170. Sehingga berdasarkan skor itu Agam saat ini berada di posisi lima besar,” ujarnya.

Dijelaskan, indeks salah satu instrumen penilaian dalam IGA 2019. Sebab skor indeks belum tentu menjadi pemenang IGA, karena ada dua instrumen lainnya yang akan dilalui seperti validasi data dan wawancara kepala daerah. Ketiga instumen ini digabungkan nilainya dan baru menjadi skor IGA.

“Dalam penilaian IGA, persaingan yang sengit itu adalah di kategori kabupaten, karena jumlahnya lebih banyak dibanding kota dan provinsi, dengan jumlah 415 kabupaten,” katanya

Untuk itu, dari validasi pihaknya bisa melihat apakah Pemkab Agam mampu mempertahankan skornya, sebab sistem validasi tidak akan menambah skor tapi bisa mengurangi ketika aparatur yang menangani inovasi tidak dapat menjelaskan dengan detail atau datanya tidak valid.

(Virgo/*)

To Top