Kaba Terkini

Siswa SMKN 2 Kembangkan Beragam Usaha

Sungai Jariang,kaba12.com — Siswa SMKN 2 Lubukbasung saat ini sudah bisa mengembangkan beragam usaha yang bisa menajdi sumber pendapatan tersendiri bagi para siswa, untuk operasional jurusan dan membantu sekolah, dengan sistim pengaturan yang jelas.

Kegiatan usaha yang dikembangkan saat ini merata di semua jurusan yang aktif saat ini, seperti jurusan tata boga yang mengelola pasokan konsumsi di setiap kegiatan sekolah, atau dijual ke berbagai tempat, jurusan elektro sudah bisa mengelola dan memelira jaringan listrik secara mandiri di sekolah, bahkan sudah bisa berkegiatan bersama perusahaan electrical.

Demikian juga jurusan bangunan sudah bisa mengembangkan dan membenahi berbagai sarana yang harus dibenahi di sekolah, jurusan otomotif mengembangkan usaha perbengkelan serta jurusan agribisnis sukses mengembangkan berbagai komoditi pertanian dan perkebunan yang kini menjadi salah satu lahan usaha bagi para siswa.

Aktifnya seluruh jurusan di SMKN 2 Lubukbasung yang sukses menjadikan aktivitas siswa sebagai usaha tersendiri, dibenarkan Drs.Zulhatman,Mpd, kepala sekolah kejurusan terkemuka di Sumbar tersebut.

Disebutkan Zulhatman, pihaknya justru mendorong para siswa untuk pro-aktif dalam berkegiatan sesuai bidang kejuruan yang digeluti,sehingga menjadi salah satu peluang usaha yang dampak positifnya, tidak hanya bisa dirasakan oleh para siswa yang makin ahli dalam bidang pembelajaran yang digeluti, sehingga setelah menamatkan pendidikan di sekolah, para siswa akan bisa mandiri sesuai ilmu yang dimiliki.

Disisi lain, Zulhatman menyebutkan, makin aktifnya jurusan mengembangkan potensi siswa masing-masing, bahkan saat ini memberi dampak positif bagi para siswa, karena dengan kegiatan yang dilakukan, bisa memberi hasil dari kegiatannya sendiri, mendatangkan keuntungan yang bisa dimanfaatkan untuk biaya sekolah bahkan untuk jajan.

Sedang untuk jurusan dan sekolah, juga mendapatkan hasil, sesuai dengan pembagian yang disepakati sebelumnya, “ sangat besar dampak positif yang bisa dinikmati, siswa dapat ilmu, dapat uang hasil usaha, bahkan jurusan dan sekolah juga mendapatkan dampak atas usaha yang dikembangkan siswa, “ ulas Zulhatman lagi.

HARMEN

To Top