Kaba Terkini

Sikapi PRB, OSIS SMAN 2 IV Koto Bentuk KSBS

IV Koto, kaba12.com — Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Negeri 2 IV Koto, bentuk Kelompok Siaga Bencana Sekolah (KSBS), Senin,(21/10).

KSBS SMAN 2 IV Koto dengan koordinator terpilih Salmun Hatta, acara temu ramah dengan tim BPBD Agam itu, terbentuk dalam upaya menyikapi program pengurangan risiko bencana (PRB) yang intensif dilakukan di kabupaten Agam.

Pembentukan KSBS SMAN 2 IV Koto itu, menyikapi kondisi wilayah, termasuk posisi sekolah berada di kawasan rawan bencana yang berada di atas bukit dikelilingi tebing yang curam dan perlu perhatian khusus.

Kepala SMAN 2 IV Koto, Netty Herlitia. M.Pd, menyebutkan, pembentukan KSBS itu diawali dengan penetapan relawan kebencanaan melalui sekolah, diikuti siswa dan majelis guru dalam ruangan labor SMAN 2 IV Koto.

Pembentukan KSBS itu, menurutnya sangat tepat sesuai kebutuhan sekolah, sekaligus sebagai upaya mendorong para siswa untuk memahami upaya pengurangan risiko bencana untuk mengantisipasi dampak pasca bencana khususnya di sekolah.

” Hal ini penting bagi sekolah, sebagai upaya pengurangan risiko bencana karena posisi sekolah berada di kawasan rawan bencana,” sebut Netty Herlitia.

Sementara menurut Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Agam Yunaidi.S, pembekalan pengetahuan bagi masyarakat tentang kebencanaan sangat diperlukan.

BPBD berkewajiban memberikan pencerahan kepada seluruh lapisan masyarakat termasuk siswa yang cepat menerima dan cepat mengembangkannya ditengah masyarakat.

Disebutkan, kesiapsiagaan diri lebih besar dari bantuan orang lain sekitar dengah persentase 34,9 persen, siap keluarga 31%, dan bila terjadi bencana, bantuan tetangga hanya 28,1 persen, bantuan dari orang lewat hanya 2,6 persen, selebihnya bantuan SAR dan lainnya.

” Kesiapan diri jauh lebih besar dan perlu dibekali pengetahuan, keterampilan sebelum, saat dan sesudah bencana,” ulas Yunaidi.S.

Sementara komposisi KSBS SMAN 2 IV Koto masing- masing koordinator Salmun Hatta, yang juga Ketua OSIS, wakil koordinator Lola Ajuen, Bidang Kedaruratan Afdhal, Bidang Pendataan Arif Andrianto, Bidang Pemetaan Amalia, Bidang Penyelamatan dan Pertolongan Fajri dan Bidang Evakuasi – SAR Chandra.

Usai pembentukan KSBS para pengurus akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan dasar, mitigasi bencana, menjalin kerjasama dengan BPBD dan kegiatan lain.

(Jaswit)

To Top