Kaba Terkini

Siaga COVID19, Polsek Tanjung Raya Imbau Perantau Tidak Mudik

Maninjau, kaba12.com — Kepolisian Sektor (Polsek) Tanjung Raya, Kabupaten Agam, menghimbau para perantau untuk tidak melakukan mudik atau pulang kampung. Hal ini dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid19).

Kapolsek Tanjung Raya Iptu. Yudi Fartanto mengatakan, untuk sementara waktu para perantau dihimbau untuk tidak melakukan mudik atau pulang kampung. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus Corona di kampung halaman.

“Saat ini para perantau mayoritas berdomisili di daerah pandemic atau zona merah seperti Jabodetabek dan kota besar lainnya. Oleh karena itu, kalau perantau melakukan mudik atau pulang kampung, berkemungkinan penyebaran virus itu sangat besar. Maka kami minta perantau tetap berada dirumah dan tidak melakukan pulang kampung,” kata Kapolsek Tanjung Raya kepada Kaba12, Selasa (07/4).

Kapolsek menegaskan, upaya ini dilakukan untuk membantu pemerintah dalam mengatasi penyebaran virus Corona (Covid19) dan memutus mata rantai penyebaran virus Corona. “Makanya kami dan pemerintah menghimbau perantau tidak pulang. Kami bukan melarang, tetapi ini adalah upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona agar tidak meluas,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Wakapolsek Tanjung Raya Iptu. Akhiruddin, bahwasanya para perantau tidak usah pulang dulu, mengingat saat ini orang tanpa gejala (OTG) sudah banyak, maka dari itu pemerintah menghimbau tidak melakukan mudik.

“Dengan banyaknya orang tanpa gejala atau OTG, kita harus waspadai mereka yang di rantau dan meminta untuk tidak pulang kampung. Kalau sudah ada rencana dimohon dibatalkan dulu, karena ini demi mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan keluarga maupun masyarakat,” himbaunya.

Kemudian, bagi yang sudah terlanjur pulang kampung atau datang dari daerah pandemic dimohon untuk melaporkan diri ke Wali Jorong atau Walinagari setempat, supaya pihak Nagari bisa memantau kondisi kesehatan warga masing-masing.

“Selain itu, mereka diminta untuk mengkarantina diri dirumah selama 14 hari. Hal Ini guna mencegah dan menyelamatkan keluarga serta masyarakat dari penyebaran Covid-19 di kampung halaman agar tidak terpapar,” jelasnya.

(Bryan)

To Top