Kaba Pemko Bukittinggi

Seleksi SOIna Bukittinggi Tingkatkan Percaya Diri Tunagrahita

Bukittinggi, KABA12.com — Special Olympics Indonesia (SOIna) Bukittinggi, mulai bergerak menyelenggarakan pelatihan dan kompetisi olahraga bagi warga disabilitas, khusunya penyandang Tunagrahita. Salah satunya dengan melaksanakan seleksi SOIna selama dua hari, di Sport Hall Atas Ngarai, Kamis dan Jumat (1-2/03).

Proses pembukaan seleksi SOIna Bukittinggi, dihadiri Walikota diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan. SOIna Bukittinggi berharap, pemko dapat lebih memberikan perhatian khusus kepada penyandang Disabilitas dalam bentuk yang lebih kongkrit.

Ketua SOIna Bukittinggi, Dedi Fatria, SH menjelaskan, proses seleksi menghadirkan 71 orang atlit dari 7 Sekolah Luar Biasa. Ketujuh SLB itu, SLBN 1 Bukittinggi, SLB Al Ikhlas, SLB Al Azhar, SLB YPPA, SLB Permata Bunda, SLB Karakter Mandiri dan SLB Restu Ibu. Pada seleksi kali ini dilaksanakan empat cabang olahraga; tenis meja, bulu tangkis, atletik dan bocce.

“SOIna Bukittinggi mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang baik pada pelaksanaan kegiatan ini. Dengan harapan pada pelaksanaan mendatang dapat ditingkatkan kembali. Kita membutuhkan pembinaan berkesinambungan dari pemko dan pihak terkait lainnya untuk penyandang Disabilitas di kota wisata. Dan dengan seleksi ini, kita tingkatkan percaya diri dan prestasi atlit SOIna kota Bukittinggi,” jelasnya.

Kadisparpora, melalui Sekretaris, Linda Faroza mengungkapkan, pemko mendukung penuh kegiatan yang dilaksanakan SOIna Bukittinggi. Seleksi ini, bertujuan untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat, khususnya bagi para penyandang disabilitas.

“Kita berkomitmen tidak ada perbedaan dengan seluruh kalangan masyarakat. Untuk itu Disparpora akan mengupayakan peningkatan harkat dan martabat para disabilitas tuna grahita agar mampu menjadi warga negara yang berguna dan produktif, serta diterima di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Melfi Abra, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bukittinggi, mengapresiasi pelaksanaan kegiatan seleksi SOIna Bukittinggi. Kegiatan ini tentu memberikan kesempatan, peluang dan pengalaman bertanding kepada para tunagrahita.

“Seleksi SOIna tentunya dapat meningkatkan kebugaran, percaya diri, membina hubungan sosial dan berkompetisi secara sehat para penyandang disabilitas khususnya tuna grahita. Ini harus dipertahankan dan ditingkatkan untuk kedepannya,” ujarnya.

Hasil seleksi SOIna Bukittinggi, untuk cabang bulutangkis putra juara 1 diraih Rahmad Hidayat dari SLBN 1 Bukittinggi, bulutangkis putri juara 1 diraih Isra Aini Fakhira dari SLBN 1 Bukittinggi. Cabang tenis meja, juara 1 putra, Genta Fernandes, dan putri, Nadia Oktavia masih dari SLBN 1 Bukittinggi. Cabang Bocce, juara 1 putra, Farid Fauhad Annabawi dari SLB Al Ikhlas Bukittinggi, juara 1 putri, Nailatul Fadilla dari SLB Al Azhar.

Cabang atletik, lari 100 m dan 200 m PA, juara 1 Rusman, juara 1 PI, Niaman Hati Zai dari SLBN 1 Bukittinggi. Lari 25 m low ability PA, juara 1 Fakri Firdaus dari SLB Karakter Mandiri dan juara 1 putri Suci Ramadhani dari SLB Al Azhar Bukittinggi. Para pemenang, terutama juara satu, berhak untuk mengiktui seleksi SOIna tingkat provinsi Sumbar pada tanggal 12 hingga 15 Maret 2018 mendatang.

(Ophik)

To Top