Kaba Agam

Seleksi Calon Perangkat Nagari Sungai Batang Masuki Tahap Verifikasi

Sungai Batang, KABA12.com — Proses seleksi calon perangkat Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, kini tengah memasuki tahap pemeriksaan nilai ujian oleh panitia di tingkat kecamatan.

Sebelumnya, sebanyak 10 orang peserta calon perangkat pemerintahan nagari tersebut sudah melalui berbagai tahapan seleksi mulai dari tes tertulis, tes komputer, hingga tes wawancara.

Sekretaris Nagari Sungai Batang, Ade Chandra menyebutkan, proses seleksi bagi calon perangkat nagari Sungai Batang sudah selesai dilaksanakan. Sehingga, panitia saat ini hanya melakukan pemeriksaan nilai ujian tes yang telah diikuti para peserta.

“Tahapan seleksi sudah selesai dilaksanakan. Sekarang sedang proses pemeriksaan nilai ujian oleh panitia di tingkat kecamatan. Kemungkinan hasil ujian itu akan keluar pada Jum’at (27/8) mendatang,” kata Ade Chandra kepada KABA12.com, Senin (23/8).

Ia menjelaskan, proses tes seleksi calon perangkat nagari dilaksanakan selama dua hari. Yaitu tes tertulis dan komputer dilaksanakan pada Kamis (19/8). Sedangkan tes wawancara dilaksanakan pada Jum’at (20/8) lalu. Tes tersebut dilaksanakan di ruang Bamus Nagari Sungai Batang.

Ia menambahkan, untuk tes tertulis dan komputer diikuti oleh 10 orang peserta. Sementara tes wawancara hanya diikuti sebanyak 9 orang peserta, lantaran 1 peserta tidak hadir karena sakit.

Lebih lanjut disebutkan, para peserta calon perangkat nagari itu mengikuti berbagai tahapan seleksi untuk mengisi dua kekosongan jabatan di Pemerintahan Nagari Sungai Batang, yaitu sebagai Kasi Pemerintahan dan Wali Jorong Batu Ajuang.

“Sebelumnya, sekretaris nagari yang lama mengundurkan diri dari jabatannya, sehingga dilakukan rolling jabatan di lingkungan Pemerintah Nagari Sungai Batang. Dari Kasi Pemerintahan dirolling ke Kasi Perencanaan. Sedangkan Kasi Perencanaan dirolling ke jabatan Sekretaris Nagari,” jelas Ade.

Sementara jabatan Wali Jorong Batu Ajuang mengalami kekosongan posisi, karena pejabat Wali Jorong sebelumnya sudah habis masa jabatan, dan tidak bersedia lagi untuk diperpanjang.

“Kita berharap dengan adanya dua perangkat nagari yang baru nanti, bisa membantu jalannya roda pemerintahan Nagari Sungai Batang kedepan, termasuk mendukung proses kemajuan nagari,” imbuhnya.

Sementara pelantikan dua calon perangkat nagari Sungai Batang yang dinyatakan lolos nanti, kemungkinan akan dilaksanakan pada awal bulan September mendatang.

(Bryan)

To Top