Kaba Terkini

Santri PPMTI Bayur Jalani Vaksinasi Covid-19

Bayur, KABA12.com — Seratusan santri Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah (PPMTI) Bayur, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam mulai menjalani vaksinasi dosis pertama, Sabtu (23/10).

Vaksinasi ini sengaja digelar untuk mendukung program pemerintah dalam melawan pandemi.

Pantauan KABA12.com dilokasi, pelaksanaan vaksinasi di pondok pesantren tersebut juga diikuti oleh masyarakat umum. Vaksinasi ini digelar pihak pesantren bekerjasama dengan Puskesmas Maninjau dan Polsek Tanjung Raya.

Pimpinan PPMTI Bayur, Anshar Albayuri mengatakan, pihaknya sangat mendukung dengan program vaksinasi Covid-19 dalam rangka percepatan capaian herd immunity atau kekebalan kelompok.

Selain itu, vaksinasi bagi santri menurutnya untuk menindaklanjuti instruksi Gubernur Sumbar dan Bupati Agam tentang percepatan vaksinasi.

“Kami juga merespon positif dengan adanya instruksi gubernur dan bupati tentang vaksinasi guna menekan angka penyebaran Covid-19,” ujarnya kepada KABA12.com.

Ia menyebutkan, para santri yang mengikuti vaksinasi Covid-19 ini merupakan mereka yang telah mendapat izin orang tua untuk divaksin.
Pihaknya menargetkan sebanyak 100 orang santri bisa mengikuti vaksinasi hari ini.

“Untuk gelombang pertama kita targetkan 100 santri dari total 358 orang bisa menjalani vaksinasi Covid-19. Sisanya akan dilakukan secara bertahap hingga mencapai persentase 100 persen. Namun bagi santri yang tidak bisa divaksin karena faktor kesehatan, maka harus dibuktikan dengan surat rekomendasi dari dokter,” jelasnya.

Ia mengakui, awalnya para santri itu tidak mau divaksin karena terpengaruh dengan berita hoax soal vaksin yang beredar di media sosial. Kendati begitu, pihaknya langsung memberikan sosialisasi dan edukasi kepada santri bahwa vaksin itu aman dan penting dilakukan agar terhindar dari Covid-19.

“Vaksinasi diharapkan dapat meningkatkan kekebalan tubuh para santri sehingga bisa terlindungi dari paparan Covid-19,” ungkapnya.

Lebih lanjut disebutkan, dengan vaksinasi ini juga diharapkan dapat memaksimalkan kegiatan pembelajaran tatap muka di lingkungan pendidikan, sebab tujuan utama pondok pesantren adalah membentuk akhlak para santri.

“Mudah-mudahan dengan vaksinasi dapat mendorong pembelajaran tatap muka lebih aman dan maksimal, dan terhindar dari penularan Virus Corona,” tutupnya.

Sementara itu, vaksinasi bagi guru dan pegawai di lingkungan PPMTI Bayur masih berada dibawah 50 persen. Pihak pesantren menargetkan seluruh guru dan pegawai mengikuti vaksinasi agar target percepatan herd immunity segera tercapai.

(Bryan)

To Top